Pengertian Web Browser Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Web browser merupakan salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan dalam jaringan internet. Karena internet merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam dunia yang serba modern dan canggih ini, web browser menjadi hal yang penting untuk dipelajari, termasuk pengertian web browser menurut para ahli. Sebelum mulai membahas definisi secara lebih jauh, kita mulai terlebih dahulu dengan sejarah perkembangan web browser. Mempelajari sesuatu dari sejarahnya akan membuat kita lebih memahami dan mengerti atas dasar apa hal tersebut diciptakan.

Web browser pertama kali yang pernah dibuat adalah Mosaic. Namun, pada tahun 1994 web browser ini mulai ditinggalkan oleh pemakainya. Sejak saat itu muncullah Netscape Navigator sebagai pengganti Mosaic, semuanya terus berkembang hingga akhirnya ditemukan Internet Explorer yang terus dipakai oleh user hingga sekarang. Internet Explorer menjadi salah satu web browser terpopuler yang digunakan oleh user. Selain Internet Explorer masih ada beberapa web browser lain yang juga banyak dipakai user hingga saat ini, yakni Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan Safari. Web browser tersebut memungkinkan Anda untuk mengakses informasi baik berupa teks, gambar, animasi, film, musik, dan jenis file lainnya. Sebenarnya web adalah kumpulan dari dokumen yang telah tersebar di seluruh dunia, dikumpulkan ke komputer server dan dihubungkan menjadi satu jaringan melalui internet.

10

Berikut ini adalah pengertian web browser menurut para ahli.

  • Menurut Ali Zaki, web browser adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer dengan jaringan internet.
  • Menurut Suwanto raharjo, web browser adalah salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan internet lainnya.
  • Menurut Lia Kuswayatno, web browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara menuliskan alamat situs yang akan dituju pada kota address.
  • Menurut Yuhefizar, web browser adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara, maupun video yang memiliki kelebihan untuk menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lainnya.
  • Menurut Smitdev Community, web browser adalah lawan kata dari server yang bertugas untuk menampilkan halaman website.
  • Menurut Gustav Pahala Frans, web browser adalah aplikasi atau program yang digunakan untuk mengoperasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.
  • Menurut Rachmad Hakim, web browser adalah aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet. Fungsi dari web browser adalah untuk menampilkan halaman web atau melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.

Cara yang harus ditempuh oleh user untuk menggunakan web browser terbilang cukup mudah. Bila Anda menggunakan Mozilla Firefox berbahasa Indonesia bisa dimulai dengan mengaktifkan browser yang Anda pakai. Masukkan alamat URL yang akan Anda cari di kotak Address bar dengan lengkap, contohnya www.pengertianwebbrowser.com lalu tekan enter. Maka halaman yang Anda cari akan langsung tampil sesuai dengan alamat yang Anda masukkan. Semoga informasi mengenai pengertian web browser menurut para ahli di atas bisa bermanfaat bagi kegiatan Anda di dunia maya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

 

Related Posts