Jenis dan Macam -Macam Penyakit Jantung Bawaan

 Kesehatan

         Jenis dan macam -macam penyakit jantung bawaan -Penyakit jantung bawaan terkadang menjadi salah satu hal yang membuat seseorang menyesal akan takdirnya, seseorang yang tidak melakukan kesalahan apapun telah diwarisi penyakit yang sangat mematikan dan menakutkan, penyakit jantung bawaan ini biasanya diderita seseorang sejak kelahirannya, tidak sedikit pula yang harus di tangani dengan cara operasi, bayangkan sekecil dan semungil itu seorang bayi telah mengalami pembedahan atau operasi untuk menyelamatkan nyawanya. Pada dasarnya penyakit jantung bawaan ini telah dapat dideteksi sejak dini, yaitu ketika seseorang masih dalam kandungan kira-kira 20 minggu maka dokter telah dapat memprediksi melalui proses USG apakah bayi yang nantinya dilahirkan ini memiliki kelainan atau sehat-sehat saja. Karena itu penting kiranya bagi seorang ibu yang sedang hamil untuk melakukan USG sejak dini karena jika memang terdeteksi memiliki kelainan jantung maka dokter dapat melakukan tindakan dengan cepat sehingga penyakit tersebut tidak menjadi semakin parah ketika bayi dilahirkan.

5

                Jenis dan macam -macam penyakit jantung bawaan tentunya sangat banyak dan berfariasi, beberapa jenis penyakit jantung bawaan yang banyak diderita seseorang antara lain

  1. Penyakit jantung yang diakibatkan oleh sekat jantung pada bilik terdapat lubang

Penyakit ini mengakibatkan kebocoran pada aliran darah, tempat kebocoran ini pada kanan dan kiri bilik jantung. Keadaan ini membuat darah yang kaya dengan oksigen kembali ke paru-paru, bila lubang yang terdapat pada bilik jantung ini berukuran besar maka dapat menyebabkan gagal jatung.

  1. Penyakit jantung yang berupa penyempitan katup paru

Karena penyempitan ini maka bilik kanan akan bekerja lebih keras, karena pasokan oksigen darah rendah terhalang untuk menuju paru-paru.penyakit jantung bawaan ini biasanya baru dapat didiagnosa pasa saat penderita telah dewasa, dengan kata lain penyakit ini lambat diketahuinya, sehingga penyakit ini berkemungkinan menyerang paru dan adapula yang mengakibatkan stroke, sehingga kematian adalah akibat terburuk yang serimg dialami penderita penyakit ini.

  1. Penyakit jantung rematik

Penyakit ini disebabkan karena infeksi pada katup jantung rematik yang terjadi akibat demam rematik

Itulah beberapa jenis penyakit bawaan yeng sering didapat seseorang jika ayah maupun ibunya memiliki riwayat sakit jantung.

                Jenis dan macam -macam penyakit jantung bawaan tersebut sebaiknya di ketahui sejak dini dengan cara USG, jika penanganan tidak dilakukan lebih cepat maka resiko kematian pada bayi semakin meningkat, atau jika tidak maka operasi pada bayi yang baru beberapa hari lahir tidak akan dapat terhindarkan lagi, bukankah sebagai orang tua rasanya tidak tega jika melihat bayi atau buah hati kita yang baru berusia beberapa hari harus terkapar di meja operasi dan membutuhkan penanganan medis lebih lanjut, karena itu jangan segan-segan dan malas bagi seorang ibu yang sedang hamil untuk melakukan USG apalagi bagi orang tua yang telah memiliki riwayat penyakit jantung. Demikianlah beberapa hal terkait dengan macam-macam penyakit jantung bawaan, semoga dapat menambah informasi dan pengetahuan, sehingga penyakit jantung bawaan dapat diatasi dengan segera.

Related Posts