Penyakit jantung Rematik lemah, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan, dan pengobatannya

 Kesehatan

 Penyakit jantung rematik lemah memang jarang kita dengar, yang sering kita dengar adalah penyakit rematik maupun penyakit jantung saja, lalu apa sebenarnya Penyakit jantung rematik lemah, penyeba , tanda ciri gejala, pencegahan, dan pengobatannya? Penyakit jantung rematik lemah atau biasa juga disebut sebagai Rheumatic Heart Disease yaitu penyakit jantung yang tergolong sangat berbahaya, penyakit ini diderita oleh seseorang sejak usia kanak-kanak maupun remaja hingga mereka tua bahkan sampai menjadi penyebab meninggalnya seseorang. Penyakit jantung jenis ini adalah penyakit jantung yang penyebabnya adalah terjadinya kerusakan pada keseluruhan jantung beserta selaputnya, sedangkan yang disebut dengan penyakit jantung rematik adalah komplikasi atau campuran dari penyakit jantung dan demam rematik, penyebab dari penyakit ini adalah bakteri streptokokus yang awalnya menjadi penyebab dari demam rematik.

                Penyakit jantung rematik lemah, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan pengobatannya –Pengertian sebenarnya dari penyakit demam rematik ialah penyakit yang dapat ditimbulkan dari komplikasi yang disebabkan infeksi pada tenggorokan namun tidak mendapatkan penanganan secara khusus, infeksi tersebut dapat mengakibatkan peradangan yang terjadi pada sendi, jantung, kulit, maupun otak. Jika peradangan ini terjadi atau menyerang jantung maka peradangan ini disebut penyakit jantung rematik, dampak terburuk yang ditimbulkan pada tubuh dari penyakit ini adalah terjadinya kecacatan permanen, baik pada jantung maupun katup jantung, namun bukan hanya itu otot jantung juga dapat cacat permanen karena penyakti ini. Penyakit ini tidak dapat di obati dengan meminum obat apalagi jika yang terkena peradangan adalah katup jantung. Seseorang yang menderita peradangan katup jantung maka tidak akan dapat memfungsikannya dengan maksimal, katup tidak akan mampu membuka den menutup dengn elastis, akibatnya peredaran darah menjadi terganggu.

4

                Penyakit jantung Rematik lemah, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan pengobatannya –Penyakit demam rematik ini dapat diderita oleh manusia pada usia berapapun, namun yang lebih sering adalah mereka yang memiliki rentan usia 5 hingga 15 tahun, dan penyakit ini jarang diderita pada usia di bawah 5 tahun. Beberapa gejala yang dapat menjadi tanda seseorang mengidap penyakit ini adalah

  1. Penderita penyakit jantung rematik sering mengalami sesak nafas
  2. Terjadinya nyeri sendi namun bersifat pindah-pindah jadi nyeri tidak pada satu bagian saja.
  3. Terdapat beberapa benjolan kecil yang letaknya di bawah kulit
  4. Menurunnya berat badan secara drastis
  5. Sering terasa nyeri pada perut

Seteh mengetahui apa itu penyakit jantung rematik dan tanda-tandanya, lalu apa yang dapat kita lakukan sebagai pencegahan agar penyakit itu tidak menyerang tubuh kita, salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan mencegah terjadinya demam ematik pada tubuh kita, karena demam rematik merupakan pemicu utama terjadinya penyakit jantung rematik. Itulah beberapa informasi tentang penyakit jantung rematik, ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati, karena itu jangan bosan-bosan untuk merawat kesehatan tubuh serta memberikan perawatan yang dibutuhkan tubuh.

Related Posts