Pengertian Proxy Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan koneksi internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah proxy atau proxy server. Dalam pengertian proxy menurut para ahli juga selalu berkaitan dengan jaringan internet karena memang proxy dibuat untuk koneksi internet. Semakin menjamurnya pengguna internet di dunia, membuat berbagai hal mengenai proxy juga semakin dipelajari. Apa sebenarnya proxy itu? Bagaimana keterkaitannya dengan jaringan internet? Sebagai salah satu layanan internet yang memudahkan aktivitas di internet yang semakin hari semakin menjadi kebutuhan manusia, proxy bisa dikatakan sangat popular dan dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan.

Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang mampu bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan terhadap isi dari internet. Proxy juga merupakan server yang menyediakan sebuah layanan untuk meneruskan semua permintaan kepada server lain di internet. Lebih lanjut mengenai proxy adalah sebuah program yang digunakan untuk menerima permintaan dari klien, seperti browser web atau ftp klien, meneruskan permintaan tersebut ke server internet yang dituju. Melalui proxy server, klien bisa berinteraksi dengan server internet yang dituju tersebut dengan ceoat. Hal ini dibuktikan dengan sebelum data disampaikan ke tujuan, data tersebut diarahkan ke server proxy terlebih dulu baru kemudian akan diteruskan ke server yang dituju, yakni internet.

9

Pengertian proxy menurut para ahli juga memuat fungsi dari proxy server itu sendiri. Fungsi-fungsi proxy server yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai connecting sharing, yakni penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP dan disalurkan ke IP lain.
  2. Sebagai Flitering, yakni firewall yang mampu memblokir atau menutup alamat IP yang tidak diinginkan oleh pengguna, dengan begitu ada beberapa situs yang tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.
  3. Sebagai Caching, yakni media penyimpanan data suatu situs dari permintaan akses pengguna sehingga bisa lebih cepat aksesnya bila situs tersebut telah ada di penyimpanan pengguna proxy sebelumnya.

Ada banyak sekali jenis proxy yang telah diluncurkan di pasaran, diantaranya proxy http, proxy socks, ssh tunel, vpn, psybnc, bnc, dan proxy web. Namun, dari sekian banyak jenis proxy tersebut, ada tiga jenis proxy yang merupakan proxy paling popular atau paling banyak digunakan, yakni proxy transparent, proxy animouse, dan elite proxy. Proxy transparent adalah proxy yang berfungsi sebagai perantara pengambilan data biasanya digunakan untuk mempercepat akses ke suatu situs. Proxy animouse adalah proxy yang mampu memblokir data IP sehingga IP kita yang asli tidak bisa dibaca oleh server situs lain yang datanya kita ambil. Elite proxy adalah proxy yang digunakan saat sambungan tidak dapat diterima oleh server dan mampu menyembunyikan informasi mengenai Anda di internet.

Demikian ulasan mengenai pengertian proxy menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk lebih mengenal mengenai proxy server di jaringan internet Anda. berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh proxy akan banyak membantu dalam akses internet yang aman dan cepat.

Related Posts