Pengertian Tanah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Keberadaan tanah tentu tak bisa dilepaskan dari kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Tanah merupakan komponen penting dari keempat unsur alam selain udara, api, dan tanah. Untuk sebab itu, memahami pengertian tanah dan pengertian tanah menurut para ahli tidaklah bisa dianggap sepele. Bukan tidak mungkin juga dari pengertian-pengertian tersebut kita bisa menemukan cara untuk merawat dan menjaga keberadaan tanah. Seperti yang kita ketahui bahwa keadaan tanah di muka bumi dalam kurun waktu beberapa tahun ini sangat buruk karena adanya penggundulan hutan, global warming, penggunaan pupuk kimiawi yang berbahaya, dan lain sebagainya.

                Tanah berasal dari bahasa Inggris “soil” yang bermakna lapisan yang menempati bagian atas kulit bumi. Tanah terdiri atas benda padat (bahan organik dan anorganik) serta air dan udara. Pengertian lain menyebutkan bahwa tanah adalah campuran dari batuan dan material serta bahan organik yang merupakan sisa kehidupan yang timbul pada permukaan bumi akibat proses erosi dan pelapukan. Tanah sudah dikenal sejak jutaan tahun lalu, tepatnya saat manusia pertama kali mengenal sistem bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut ahli geologi di akhir abad XIX, tanah diartikan sebagai lapisan permukaan bumi yang berasal dari batuan yang telah mengalami proses pelapukan karena gaya-gaya alam sehingga membentuk lapisan partikel halus.

5

                Selain dua pengertian umum di atas, berikut ini adalah pengertian tanah menurut para ahli.

  • Menurut Berzelius, tanah adalah laboratorium kimia alam dimana proses dekomposisi dan reaksi sintesis kimia berlangsung secara terang.
  • Menurut Thornbury, tanah adalah bagian dari permukaan bumi yang ditandai oleh lapisan yang sejajar dengan permukaan bumi.
  • Menurut Justus von Liebig, tanah adalah tabung reaksi dimana seseorang dapat mengetahui jumlah dan jenis hara tanaman, tanah juga bisa dianggap sebagai gudang persediaan mineral-mineral bersifat statis.
  • Menurut Romman, tanah adalah bahan batuan yang sudah diubah menjadi partikel-partikel kecil yang berubah secara kimiawi bersama dengan sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang pernah hidup di dalam dan atasnya.
  • Menurut Falluo, tanah adalah produk hancuran iklim yang bercampur dengan bahan organik.
  • Menurut Alfred Mistcherlich, tanah adalah campuran bahan padat berupa partikel-partikel kecil dari air dan udara yang mengandung unsur hara dan bisa menumbuhkan tumbuh-tumbuhan.
  • Menurut Davy, tanah adalah laboratorium yang menyediakan unsur-unsur hara tanaman.
  • Menurut Werner, tanah adalah lapisan hitam tipis yang menutupi bahan padat kering terdiri atas bahan bumi yang berupa partikel-partikel kecil mudah remah, sisa vegetasi, dan hewan.

                Pembentukan tanan adalah efek dari penggabungan proses fisik, kimia, biologi, dan antropogenik pada bahan induk tanah. Dari pengertian tanah menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa tanah terjadi dari proses pelapukan batuan alam selama jutaan tahun. Pelapukan itu sendiri merupakan proses pertama dalam tahap mengubah bahan induk menjadi bahan tanah. Pada proses pelapukan ini terdapat bahan lapuk dengan lapisan tebal yang disebut dengan saprolit. Dari saprolit inilah terjadi proses pelapukan yang akhirnya mnghasilkan  tanah yang kita injak setiap hari sekarang ini.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts