Pengertian Amdal dan Andal Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian amdal dan andal menurut para ahli akan kita bahas dalam ulasan kali ini. Amdal dan andal mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, pahamkah Anda apa sebenarnya kedua istilah tersebut? Mengapa terlihat sama dan saling berkaitan? Amdal merupakan singkatan dari analisis mengenai dampak lingkungan. Amdal adalah kajian tentang dampak besan dan pentingnya suatu kegiatan yang direncanakan untuk lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses oengambilan keputuan mengenai penyelenggaraan kegiatan. Pengertian lainnya dituliskan dalam PP No. 27 Tahun 1999 mengenai amdal, yakni kajian mengenal dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan usaha atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan.

                Tujuan amdal adalah untuk menjamin suatu usaha pembangunan agar dapat berjalan secara berkesinambungan tanpa merusak lingkungan hidup. Dengan adanya amdal, pemerintah berharap usaha atau kegiatan pembangunan dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam secara efisien, dengan meminimalisasi dampak negatifnya dan memaksimalkan dampak positifnya. Dengan mempertimbangkan aspek fisika, kimia, biologi, sosial-ekonomi, sosial budaya, dan kesehatan masyarakat, maka dampak positif dan negatif itu bisa disusun. Badan yang ditunjuk pemerintah untuk bertanggung jawab terhadao proses pelaksanaan amdal adalah BAPEDAL (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan).

9

                Pengertian amdal dan andal menurut para ahli, dalam pasal 3 PP No. 27 tahun 1999 menyebutkan bahwa usaha atau kegiatan yang mungkin dapat menimbulkan dampak yang besar dan penting bagi lingkungan hidup meliputi hal-hal berikut ini.

  • Pengubahan bentuk lahan dan bentang alam.
  • Eksploitasi sumber daya alam.
  • Proses dan kegiatan yang dapat menimbulkan pemborosan, pencemaran dan kerusakan lingkungan, serta kemerosotan pemanfaatan sumber daya alam.
  • Proses dan kegiatan yang hasilnya dapat memengaruhi lingkungan alam, buatan, dan sosial budaya.
  • Proses dan kegiatan yang hasilnya dapat memengaruhi kelestarian konservasi sumber daya atau perlindungan cagar budaya.
  • Introduksi jenis tumbuh-tumbuhan hewan, dan jasad renik.
  • Pembuatan dan penggunaan bahan hayati dan nonhayati.
  • Penerapan teknologi yang berpotensi besar memengaruhi lingkungan hidup.
  • Kegiatan berisiko tinggi dan memengaruhi pertahanan negara.

                Berkaitan dengan amdal, kepanjangan dari andal adalah analisis dampak lingkungan yang telah dikembangkan oleh banyak negara maju sejak 1970. Dampak yang diberikan adalah adanya benturan dua kepentingan, yakni kepentingan pembangunan proyek dan kepentingan usaha melestarikan lingkungan. Dampak yang diduga tersebut merupakan perbedaan nilai lingkungan atau nilai suatu sumberdaya di masa mendatang antara lingkungan tanpa proyek dengan lingkungan berproyek. Dampak-dampak penting yang telah diidentifikasi di dalam dokumen kemudian ditelaah secara lebih cermat menggunakan metodologi yang telah disepakati bersama. Telaah ini bertujuan untuk menentukan besaran dampaknya. Selanjutnya dilakukan penentuan sifat penting dari dampak dengan cara membandingkan besaran dampak dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

                Demikian ulasan mengenai pengertian amdan dan andal menurut para ahli. Semoga bisa enambah wawasan Anda dan embuat kita lebih bisa menghargai lingkungan hidup. Perlindungan terhadap lingkungan hidup bukan hanya bahasan ringan karena memang ada peraturan pemerintah yang mengaturnya dengan sangat jelas.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts