Ini Dia Contoh Makalah Bela Negara

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selau penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah bela Negara. Sebagai warga Negara kita memiliki perasaan dimna terdapat kesediaan berkorban demi bangsa dan Negara dimana tempat kita berasal. Rasa tersebut di artikan sebagai bela Negara. Zamn dahulu penduduk Indonesia menunjukan kecintaannya terhadap Indonesia dengan berjuang melawan penjajah dengan berkorban nyawa didalam perang. Bebeda sekali, dengan era sekarang dimana Indonesia telah merdeka dan kewajiban bagi masyarakatnya untuk memajukan negaranya dengan membela Negara didalam segala aspek kehidupan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas pengertian bela Negara yang terdapat didalam diri masing-masing orang tanpa disadari. Penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalin atas dukungan dan bantuan yang diberikan baik secara materi maupun moril sehingga saya dapat membuat makalah ini dengan baik dan lancar. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

3

Dari pembahasan makalah bela Negara dapat ditarik kesimpulan bahwa bela Negara adalah upaya warga Negara dalam mempertahankan dan menghadapai serangan terhadap Negara secara fisik sedangakan upaya yang dilakukan secara moral seperti melalui pendidikan, social budaya, politik merupakan usaha dalam membela Negara secara non fisik. Di Inonesia bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Perbedaan terlihat jelas dalam upaya bela Negara yang dilakukan para pahlawan terdahulu dengan masyarakat sekarang. Hal tersebut disebabkan perbedaaan waktu dan masa tentunya. Para pahlawan yang telah mengangkat senjata untuk membela negaratelah digantikan dengan bela Negara secara non fisik yang dilakukan generasi penerusnya. Meskipun tidak dilupakan Indonesia memiliki pekerjaan yang mulai dalam mengamankan negera Indonesia melalui militer. Karena dunia memasuki adab ke 20 dimana semua hal di putuskan berdasarkan pemikiran terlebih dahulu dari pada tindakan fisik langsung.

Demikian makalah bela Negara yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah puasa , makalah bela Negara , makalah karbohidrat , makalah manajemen operasional , makalah tbc , makalah pendidikan pancasila , makalah manajemen pendidikan , makalah keanekaragaman hayati , makalah power point , makalah sistem informasi

Related Posts