Ini dia contoh makalah TBC

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah TBC. Salah satu penyakit yang mematikan adalah tbc. Tbc merupakan singkatan dari penyakit tuberculosis. Insidensi TBC dilaporkan meningkat secara drastis pada dekade terakhir ini di seluruh dunia. Demikian pula di Indonesia, Tuberkulosis / TBC merupakan masalah kesehatan, baik dari sisi angka kematian (mortalitas), angka kejadian penyakit (morbiditas), maupun diagnosis dan terapinya. Dengan penduduk lebih dari 200 juta orang, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China dalam hal jumlah penderita di antara 22 negara dengan masalah TBC terbesar di dunia. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas masalah penyakit tbc. Penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalin atas dukungan dan bantuan yang diberikan baik secara materi maupun moril sehingga saya dapat membuat makalah ini dengan baik dan lancar. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

6

Dari pembahasan makalah TBC dapat ditarik kesimpulan bahwa penyakit tuberkolosis merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteriMikobakterium tuberkulosa. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru dibandingkan bagian lain tubuh manusia. Penyakit tbc menular melalui udara sehingga penyakit ini dapat diderita oleh semua golongan baik anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. Penyakit TBC biasanya menular melalui udara yang tercemar dengan bakteri Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan pada saat penderita TBC batuk. Bila bakteri ini masuk dan terkumpul di dalam paru-paru akan berkembang biak menjadi banyak terutama pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendah, dan dapat menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening.

Gejala umum yang dirasakan oleh penderita TBC diantaranya deman ringan yang lama, batuk selama 3 minggu dan hilangnya nafsu makan. Pencegahan penularan TBC dapat dilakukan dengan cara saat batuk seharusnya menutupi mulutnya usahakan untuk menggunakan masker ketika terkena influenza, dan apabila batuk lebih dari 3 minggu, merasa sakit di dada dan kesukaran bernafas segera dibawa kepuskesmas atau ke rumah sakit, Mencuci peralatan makan dan minum sampai bersih setelah digunakan oleh penderita serta Bayi yang baru lahir dan anak-anak kecil harus diimunisasi dengan vaksin BCG. Karena vaksin tersebut akan memberikan perlindungan yang amat bagus. Orang yang daya tahan tubuhnya lemah sangat mudah terserang segala penyakit tidak terkecuali TBC. Oleh karena itu, penting sekali intuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergisi, olahraga dan istirahat yang cukup.

Demikian makalah TBC yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah puasa , makalah bela Negara , makalah karbohidrat , makalah manajemen operasional , makalah tbc , makalah pendidikan pancasila , makalah manajemen pendidikan , makalah keanekaragaman hayati , makalah power point , makalah sistem informasi

Related Posts