Ini dia contoh makalah pendidikan pancasila

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah pendidikan pancasila. Sebagai Negara Indonesia, kita menganut sistem Demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi konstitusional dengan mekanisme kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara dan penyelengaraan pemerintahan berdasarkan konstitusi yaituUndang-undang Dasar 1945. Sebagai demokrasi pancasila terikat dengan UUD 1945 dan pelaksanaannya harus sesuai dengan UUD 1945.

Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas pendidikan pancasila yang telah menjadi salah satu mata kuliah. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

1

Dari pembahasan makalah pendidikan pancasila dapat disimpulkan bahwa Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan karena setiap sila dalam pancasila mengandung empat sila lainnya dan kedudukan dari masing-masing sila tersebut tidak dapat ditukar tempatnya atau dipindah-pindahkan. Hal ini sesuai dengan susunan sila yang bersifat sistematika-hierarkis yang berarti bahwa kelima sila pancasila itu menunjukkan suatu rangkaian urutan-urutan yang bertingkat-tingkat dimana tiap-tiap sila mempunyai tempatnya sendiri di dalam rangkaian susunan kesatuan itu sehingga tidak dapat dipindahkan. Nilai luhur yang terkandung dalam pancasila memiliki sifat objektif dan subjektif. Bersifat subjektif maksudnya pancasila merupakan hasil perenungan dan pemikiran bangsa Indonesia. sedangkan bersifat objektif artinya nilai pancasila sesuai dengan kenyataan dan bersifat universal yang diterima oleh bangsa-bangsa beradab. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa sebenarnya merupakan perwujudan dari nilai-nilai budaya milik bangsa Indonesia sendiri yang diyakini kebaikan dan kebenaranya. Pancasila digali dari budaya bangsa sendiri yang sudah ada dan berkembang berabad-abad lamanya. Oleh karna itu Pancasila adalah khas milik bangsa Indonesia sejak keberadaannya sebagai sebuah bangsa. Pancasila merangkum nilai-nilai yang sama yang terkandung dalam adat-istiadat” kebudayaan” dan agama-agama yang ada di Indonesia. Dengan demikian” Pancasila sebagai pandangan hidup mencerminkan jika dan kepribadian bangsa Indonesia.

Demikian makalah pendidikan pancasila yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pada pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah puasa , makalah bela Negara , makalah karbohidrat , makalah manajemen operasional , makalah tbc , makalah pendidikan pancasila , makalah manajemen pendidikan , makalah keanekaragaman hayati , makalah power point , makalah sistem informasi

Related Posts