Pengertian Artikel Ilmiah menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk dari karya atau karangan ilmiah. Selain artikel, ada pula makalah, laporan, skripsi, dan sebagainya. Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal, buku kumpulan artikel, atau media lainnya yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi yang telah disepakati atau ditetapkan. Sedangkan ilmiah bermakna serangkaian proses mulai dari sebuah pendapat, penelitian, analisa, metode hingga dalam bentuk uraian yang memenuhi kaidah-kaida ilmiah. Jadi, pengertian artikel ilmiah adalah sebuah karya ilmiah yang dikhususkan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah yang uraiannya bersifat sistematis, empiris, bisa dibuktikan kebenarannya, objektif, rasional dengan menggunakan metode penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya.

2

                Pola dasar artikel ilmiah secara umum adalah bagian-bagian yang sudah baku, yaitu bagian pengenalan, batang tubuh, dan kepustakaan. Ketiga bagian tersebut dapat juga disebut dengan istilah bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir. Bagian pengenalan berisi hal-hal yang bersifat informatif. Ada dua jenis bagian pengenalan, yaitu yang bersifat umum (ada pada semua jenis karya ilmiah) dan yang bersifat khusus (hanya dimiliki jenis karya ilmiah tertentu). Batang tubuh adalah isi artikel ilmiah yang sebenarnya. Secara umum bagian batang tubuh terbagi menjadi tiga, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pendahuluan setidaknya berisi latar belakang masalah dan rumusan masalah. Bagian isi berisi persoalan-persoalan inti atau materi inti yang ingin disajikan. Bagian penutup biasanya berupa simpulan dan saran (untuk artikel penelitian) dan simpulan atau penekanan. Bagian paling akhir dalam artikel ilmiah adalah bagian kepustakaan. Bagian ini berisi daftar pustaka yang digunakan.

                Dalam pengertian artikel ilmiah telah dijabarkan bahwa tulisan ini bersifat ilmiah dan sistematis. Oleh sebab itu, artikel ilmiah juga bisa menggunakan angka-angka statistik dalam bentuk tabel maupun nontabel, yang menggambarkan suatu objek pembahasan hasil daripada sebuah penelitian baik bedasarkan sampel maupun populasi. Biasanya juga disertai standar deviasi maupun standar error. Artikel ilmiah bisa saja hasilnya berbeda apabila menggunakan metode yang berbeda yang merupakan cara berbeda dan persepsi yang berbeda, walaupun objek penelitiannya sama. Jadi, kebenaran dari sebuah artikel ilmiah juga dipengaruhi oleh kualitas daripada sampel maupun populasi serta metode yang digunakannya.

                Seperti halnya karya tulis lainnya, artikel ilmiah memiliki ciri-ciri khusus. Sebuah artikel bisa dikatakan ilmiah apabila memiliki ciri-ciri berikut ini.

  • Sintesa temuan-temuan tentang suatu topik dan pendapat penulis.
  • Pekerjaan yang memperlihatkan keaslian (originality) penulis.
  • Pengakuan atau pernyataan atau jawaban terhadap semua sumber yang digunakan.
  • Memperlihatkan bahwa penulis merupakan bagian dari suatu komunitas akademis.

Keempat ciri tersebut adalah tambahan, tentunya sebuah artikel ilmiah haruslah sesuai dengan pengertian yang telah disampaikan sebelumnya.

                Ada sebuah pendapat lain mengungkapkan hal yang sedikit berbeda dengan pengertian artikel ilmiah di atas. Dikatakan bahwa Artikel berbeda dengan karya tulis ilmiah. Dari segi bahasa, artikel lebih sederhana karena sasaran pembacanya menjangkau semua kelompok masyarakat. Sedangkan dalam karya tulis ilmiah menggunakan bahasa yang formal. Dari segi isi, gagasan-gagasan dalam sebuah artikel tidak perlu ditunjang oleh bukti-bukti yang lengkap sebagaimana dalam karya tulis ilmiah. Di dalam karya tulis ilmiah, penulis harus menyertakan sumber data berupa kutipan, catatan kaki, biografi, serta daftar pustaka pada akhir tulisan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

Related Posts