Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam menjalani hidup, kita harus memiliki motivasi agar lebih bersemangat. Misalnya saja dalam belajar, kita harus bisa memotivasi diri sendiri agar bisa mencapai cita-cita yang diinginkan. Sebagai hal yang sangat dibutuhkan, pengertian motivasi juga perlu untuk diketahui. Begitu pula dengan pengertian motivasi menurut para ahli. Pada dasarnya, istilah motivasi berasal dari kata motif yang bermakna dorongan, rangsangan, atau daya penggerak yang adal dalam diri seseorang. Oleh sebab itu, motivasi dapat diartikan sebagai suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Selain pengertian motivasi menurut para ahli, pengertian motivasi bisa dilihat dari berbagai macam segi. Motivasi dapat dipandang sebagai fungsi, berarti motivasi berfungsi sebagai daya enggerak  dari dalam individu untuk melakukan aktivitas tertentu  dalam mencapai tujuan. Motivasi dipandang dari segi proses, berarti motivasi dapat dirangsang oleh faktor luar, untuk menimbulkan motivasi dalam diri siswa yang melalui proses rangsangan belajar sehingga dapat  mencapai tujuan yang di kehendaki. Motivasi dipandang dari segi tujuan, berarti  motivasi merupakan sasaran stimulus yang akan dicapai. Jika seorang mempunyai keinginan untuk belajar suatu hal, maka dia akan termotivasi untuk mencapainya.

8

                Selain pengertian yang dipandang dari berbagai segi, motivasi juga bisa didefinisikan secara berbeda oleh para pakar. Berikut ini adalah pengertian motivasi menurut para ahli.

  • Menurut Weiner, motivasi adalah kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.
  • Menurut Drs. Moh. Uzer, motivasi adalah motivasi dapat dipandang sebagai fungsi, berarti motivasi berfungsi sebagai daya enggerak  dari dalam individu untuk melakukan aktivitas tertentu  dalam mencapai tujuan.
  • Menurut Mc. Donald, motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
  • Menurut Davies, motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas
  • Menurut Uno, motivasi adalah dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, serta penghargaan dan penghormatan.
  • Menurut Prof. Drs. Nasution, motivasi adalah usaha-usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu.
  • Menurut Azwar, motivasi adalah rangsangan, dorongan, ataupun pembangkit tenaga yang dimiliki seseorang atau sekelompok masyarakat yang mau berbuat dan bekerja sama secara optimal dalam melaksanakan sesuatu yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Menurut Samsudin, motivasi adalah proses memengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau kelompok kerja agar mereka mau melaksanakan sesuatu yang telah ditetapkan.
  • Menurut Makmun, motivasi menjadi suatu kekuatan, tenaga atau daya, atau suatu keadaan yang kompleks dan kesiapsediaan dalam diri individu untuk bergerak ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari.
  • Menurut Sujono Trimo, motivasi adalah suatu kekuatan penggerak dalam perilaku individu baik yang akan menentukan arah maupun daya tahan tiap perilaku manusia yang di dalamnya terkandung pula unsur-unsur emosional insan yang bersangkutan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

Related Posts