Pengertian Komunisme Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Mendengar kata komunisme akan langsung membuat kita teringat dengan peristiwa G 30 S/PKI yang menjadi salah satu sejarah di bangsa Indonesia. Komunisme dianggap sebagai aliran yang dijauhi dan disalahkan dalam hukum negara Indonesia. Apa sebenarnya komunisme itu? Sejak di Sekolah Dasar, siswa sudah didoktrin bahwa komunisme merupakan hal yang tidak sepatutnya diikuti. Hal tersebut juga semakin ditegaskan dengan adanya pengertian komunisme menurut para ahli. Komunisme adalah sebuah ideologi, sama seperti kapitalisme, nasionalisme, dan paham-paham yang lainnya. namun, mengapa komunisme dianggap sebagai paham yang sesat?

Komunisme adalah salah satu ideologi di dunia yang muncul sebagai reaksi terhadap kapitalisme pada abad ke-19. Ideologi ini hanya mementingkan kepentingan individu dan mengesampingkan kepentingan para buruh. Komunisme merupakan ideologi yang digunakan oleh partai komunis di seluruh dunia. Komunisme merupakan suatu paham yang menekankan asas kepemilikan bersama atas semua alat produksi berupa tanah, tenaga kerja, dan modal yang memiliki tujuan agar tercapainya masyarakat yang makmur. Komunisme memiliki prinsip sama rata sama rasa dalam bidang ekonoi dan sekularisme yang radikal, namun keberadaan agama digantikan dengan ideologi komunis yang didoktrin pada anggotanya. Jadi, pada dasarnya segala kepentingan individu harus tunduk pada khendak partai, negara, dan bangsa, itulah prinsip dari komunisme.

3

Sejarah komunisme dimlai pada awal abad ke-19 dimana komunisme ada untuk koreksi terhadap paham kapitalisme. Selanjutnya dalam pengertian komunisme menurut para ahli disebutkan bahwa komunisme menganggap kaum buruh dan pekerja tani hanyalah sebagai bagian dari produksi dan mereka lebih mementingkan kesejahteraan ekonomi semata. Namun kenyataannya, muncul beberapa fraksi internal dalam komunisme, yakni antara penganut komunis teori dengan komunis revolusioner yang keduanya memiliki teori dan cara berjuang yang berbeda. Dari situlah timbul banyak sekali kesenjangan dan perbedaan pendapat yang menyebabkan timbulnya perselisihan.

Komunisme sebagai anti kapitalisme memakai sistem partai komunis untuk alat pengambilalihan kekuasaan dimana modal individu kepemilikiannya sangat dibatasi. Sehingga seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat secara merata. Secara umum, komunisme berlandaskan teori materialism Dialektika dan Materialisme Historis yang tidak berlandaskan pada kepercayaan mitos, takhayul, dan agama. Dengan demikian, komunisme sangat membatasi hak beragama pada rakyatnya karena agama dianggap sebagai candu yang akan membuat orang berangan-angan. Selain itu, komunisme juga membatasi rakyat dari pemikiran ideologi karena dianggap tidak rasional dan keluar dari kehidupan nyata. Yang perlu diwaspadai sekarang adalah bahwa komunisme masih belum “mati” meski komunisme murni masih belum pernah terwujud.

Pengertian komunisme menurut para ahli menjelaskan bahwa ada beberapa ciri yang terlihat dalam ideologi komunisme. Dengan melihat ciri-ciri tersebut, kita bisa tahu bahwa negara itu menganut paham atau ideologi komunisme. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut.

  • Perubahan harus dicapai dengan cara revolusi dan pemerintah yang diktator proletariat sangat diperlukan pada masa transisi.
  • Dengan bantuan negara di bawah pemerintahan diktator proletariat, seluruh hak ilik pribadi ditiadakan dan diambil alih oleh negara.
  • Tidak ada lagi negara dan hukum karena dianggap sudah tidak dibutuhkan.

Related Posts