Pengertian DOS Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia komputerisasi pasti tidak asing lagi dengan DOS. Salah satu sistem operasi komputer berupa perangkat lunak atau software ini memang cukup popular penggunaannya. Sebenarnya apa itu DOS? Sesuai dengan kepopuleran penggunaannya apa pengertian DOS menurut para ahli adalah komputerisasi? Tentunya membahas mengenai DOS tidak bisa terlepas dari sistem operasi komputer lain seperti Windows, Unix, Linux, Machintos, Solaris, Novell Operating System, dan Free BSD. Semuanya merupakan sistem operasi yang memiliki peran sama seperti DOS.

DOS merupakan singkatan dari Disk Operating System. Sebagai salah satu keluarga dari sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi, DOS memiliki pengertian yang lebih luas yakni sebuah sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang dipakai oleh para user atau pengguna komputer. DOS popular dipakai pada tahun 1980-an, sebelum Windows merajai sistem operasi komputer seperti saat ini. DOS berfungsi untuk booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software seperti WS dan Lotus. Selain itu, DOS juga bisa digunakan untuk menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Istilah DOS bisa juga dipakai untuk setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dihidupkan. Media penyimpanan disk atau dulu disebut dengan disket ini merupakan media penyimpanan lama sebelum muncul hardisk atau flashdiks seperti saat ini.

9

Pengertian DOS menurut para ahli menyebutkan bahwa sistem operasi DOS menggunakan CUI (Character user Interface) atau antarmuka dengan pengguna berbasis text. Namun, keberadaannya saat ini telah digantikan dengan sistem operasi terbaru berbasis GUI (Graphical User Interface) seperti Windows versi 9x, Me, 2000, XP, dan sebagainya. sebagai salah satu keluarga sistem operasi, DOS terbagi menjadi beberaoa kelas, yakni MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), IB PC-DOS International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), Novell Personal Netware (versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena mengalami kebangkrutan), Caldera DOS (versi Novell Personal Netware yang dijual kepasa Caldera Coorporation), dan FreeDOS (versi DOS yang dibangun dari sisa pengembangan Caldera DOS).

Setiap sistem operasi yang dipakai dalam komputerisasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan DOS. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan sistem operasi DOS. Kelebihan yang dimiliki oleh DOS adalah mampu menampilkan program yang lebih realistis bila dibandingkan dengan windows karena beberapa command dari windows mengadaptasi DOS. Kekurangan dari sistem operasi DOS adalah masih menggunakan Command Line Interface yang dikenal sudah ketinggalan zaman dan sistem operasi Windows tidak kompatibel dengan DOS sehingga sistem DOS sering kalah dalam menjalankan sistemnya.

Selain pengertian DOS menurut para ahli, hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai sejarah DOS. Pertama muncul DOS memiliki versi DOS 1.0 dengan kemampuan yang masih sangat sederhana dan terbatas. Selanjutnya muncul DOS 2.0 bersamaan dengan munculnya komputer PC/XT dari IBM. Sejak saat itu mulai bermunculan DOS 3.0, 3.1, 3.2, 3.3, kemudian disusul dengan DOS 4.0, DOS 5.0, DOS 6.0, dan DOS 6.22.

Related Posts