Manfaat Sayur Bayam Merah bagi Kesehatan

 Kesehatan

Sayur bayam mungkin sudah banyak dikenal karena merupakan salah satu jenis sayur yang “merakyat”. Namun, bagaimana dengan bayam merah? Pernahkah Anda mendengarnya? Bila selama ini Anda hanya mengenal sayur bayam hijau, kini ada bayam merah yang khasiatnya tidak kalah dengan bayam hijau. Manfaat sayur bayam merah bagi kesehatan memang tidak banyak diketahui masyarakat karena bayam merah sendiri masih tergolong langka dan mahal di pasaran Indonesia. Bayam merah berasal dari Amerika dan kini mulai tersebar di negara-negara  beriklim tropis dan subtropis. Tak berbeda dengan bayam hijau, sayur bayam merah juga memiliki kandungan berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Sayur bayam memiliki banyak varian, salah satunya adalah bayam merah. Sayuran dengan nama Latin Blitum Rubrum ini memang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya. Bayam merah memiliki ciri fisik batang mencapai tinggi 0,4 – 1 meter, bercabang dan sedikit berair. Daunnya berbentuk bulat telur, sedikit lemas, berukuran 5 – 8 cm. Bayam merah disinyalir banyak mengandung lemak, protein, beberapa vitamin, zat besi, amarantin, purin, rutin, kalium, dan berbagai jenis zat bermanfaat lainnya. Berbagai kandungan itulah yang membuat bayam sangat berkhasiat bagi kesehatan. Untuk mengonsumsinya, bayam merah bisa dimasak sebagai sayur bening atau hanya direbus sebagai pelengkap lalapan.

2

Adapun manfaat sayur bayam merah bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Harganya yang mahal dan termasuk sayuran langka di Indonesia, membuat khasiat bayam merah semakin diagungkan. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat yang bisa didapat dari bayam merah.

  • Meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan sistem pencernaan karena bayam termasuk ke dalam sayuran berserat.
  • Baik dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol, dan hipertensi atau darah tinggi.
  • Menurunkan berat badan sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat dengan sayuran bergizi.
  • Meningkatkan kadar serum zat besi, hemoglobin, dan hematocrit.
  • Mengobati sembelit dan memudahkan organ pencernaan dalam melakukan tugasnya karena kandungan serat yang tinggi pada bayam.
  • Mengatasi anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi.
  • Menjaga keremajaan kulit karena memiliki efek anti aging yang tinggi disebabkan oleh pigmen ungu di dalamnya yang sama seperti di terong ungu.
  • Mampu menguatkan akar rambut dengan cara menumbuk daun bayam merah dan diperas airnya, diminum secara rutin 3 kali sehari.
  • Bagian akar bayam merah juga bisa dimanfaatkan, yakni sebagai obat penyakit disentri. Caranya tumbuk akar bayam merah yang ditambah garam, diaduk dan disaring lalu diminum sehari sekali hingga sembuh.

Dari paparan manfaat sayur bayam merah bagi kesehatan di atas, kita punya satu lagi referensi sayuran yang bisa dipakai untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Meski harga bayam merah relatif mahal, namun sesuai dengan manfaat yang bisa didapat oleh tubuh kita. Seluruh bagian dari bayam merah memang bisa berkhasiat bagi tubuh. Bayam merah memang tidak dijual bebas di pasaran, biasanya hanya terdaoat di supermarket besar dan lengkap saja.

Related Posts