Manfaat Buah, Jus, dan Daun Mangga untuk Kesehatan

 Kesehatan

Mangga merupakan salah satu buah yang paling digemari karena memiliki rasa yang lezat dan menyehatkan. Di Indonesia buah ini tidak sulit untuk didapatkan karena tersebar hampir di seluruh pulau di Indonesia. Meski hanya berbuah secara musiman, buah ini tidak pernah kehilangan pamor dan penggemarnya. Ada berbagai jenis mangga, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, mempunyai rasa agak asam hingga yang sangat manis, daging berwarna kuning cerah sampai berwarna kuning oranye, dan masih banyak jenis lainnya. Buah mangga banyak diminati juga karena khasiatnya yang sangat banyak. Ternyata tak hanya buahnya saja, daun mangga pun juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Manfaat buah, jus, dan daun mangga untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi karena telah terbukti.

Banyak orang tak pernah bosan selalu mengonsumsi buah mangga, bahkan banyak pula yang terus ketagihan karena kelezatan rasanya. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi buah mangga secara berbeda, bisa dengan mengolahnya menjadi jus. Jus buah mangga sangat menyehatkan dan segar. Kandungan gula alami di dalam mangga, membuatnya tak memerlukan gula atau susu dalam pengolahannya sehingga lebih sehat dan alami. Khasiat dan nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga tak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Dengan penyajian yang benar, khasiat dari buah mangga akan semakin maksimal.

33

Manfaat buah, jus, dan daun mangga untuk kesehatan. Apa saja khasiat dari buah dan jus mangga? Berikut ini adalah paparan manfaat dari buah dan jus mangga.

  • Menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang mencukupi 24% dari kebutuhan minimal tubuh.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin A dan C serta 26 jenis karotenoid.
  • Menurunkan kadar kolesterol karena kandungan vitamin C, pectin, dan serat yang sangat tinggi.
  • Meningkatkan performa se*ks karena kandungan vitamin E yang tepat dan seimbang.
  • Mensegah penyakit kanker karena di dalam buah mangga terdapat antioksidan berupa fisetin, isoquertcitrin, garlic acid, quercetin, astragalin, dan methylgaliat. Jenis kanker yang bisa dicegah adalah kanker prostat, kanker pay*udara, kanker usus besar, dan kanker darah atau leukemia.
  • Menjaga suhu tubuh dari cuaca yang panas dengan meminum jus mangga yang dicampur air dingin dan pemanis alami.
  • Tidak berpengaruh meningkatkan kadar gula dalam darah karena indeks glycemicnya relatif rendah.
  • Sumber alkali tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan karena kandungan serat alami di dalamnya.

Selain buah, daun mangga juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tak banyak yang mengetahui mengenai hal ini karena daun mangga dianggap tidak bisa dikonsumsi. Daun mangga bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakit diabetes angiopathy atau penyakit pembuluh darah akibat dari diabetes. Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan ramuan daun mangga adalah diare, demam, insomnia, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan batuk. Manfaat buah, jus, dan daun mangga untuk kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Yuk, mulai sekarang perbanyak konsumsi buah mangga dan memanfaatkan daun mangga untuk kesehatan kita.

Related Posts