Manfaat khasiat Masker Kentang untuk Wajah

 Kesehatan

Selain bisa dimasak, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masker wajah. Khasiat yang diberikan tidak kalah dengan saat dikonsumsi. Manfaat masker kentang untuk wajah sangat beragam. Jadi, tidak heran bila banyak yang menyukai memakai mentang sebagai masker. Tak hanya itu, tak sedikit pula produk-produk kecantikan yang terbuat dari ekstrak kentang. Kandungan nutrisi yang beragam membuat kentang kerap kali dijadikan bahan untuk merawat kecantikan, terutama kecantikan kulit wajah. Khasiat kentang bagi wajah yang paling terkenal adalah untuk menyamarkan kantung mata akibat kelelahan atau kurang tidur. Namun, selain manfaat tersebut kentang masih memiliki khasiat lain bagi wajah. Apa saja khasiatnya? Berikut akan diuraikan mengenai hal tersebut.

Seiring dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan, kentang yang dulunya dipakai untuk memasak kini bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk wajah. Masker kentang merupakan salah satu masker alami yang sudah tidak asing lagi bagi para wanita. Kentang popular dipakai sebagai masker karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kentang mengandung berbagai acam mineral, seperti sulfur, kalium, dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan wajah. Kandungan mineral tersebut mampu menstimulus kolagen dan elastin yang bisa membuat kulit terasa lebih kencang dan awet muda. Di dalam kentang juga terdapat kandungan vitain C yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi karena jerawat.

4

Selain khasiat yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat masker kentang untuk wajah. Di dalam kentang juga terdapat kandungan alkali yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dengan banyaknya sebum yang ada pada pori-pori di kulit wajah. Antibakteri pada kentang juga bisa dipakai untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah rincian manfaat masker kentang.

  • Mengatasi kulit berminyak
  • Selain menghilangkan bekas jerawat, bisa juga untuk menghilangkan bekas luka dan bekas cacar
  • Untuk mengompres mata yang bengkak dengan campuran kentang dan mentimun yang dioleskan di daerah mata yang bengkak.
  • Menghilangkan komedo putih
  • Mencerahkan kulit yang kusam
  • Mengangkat sel kulit mati dan membantu peremajaan kulit.
  • Menghilangkan kerutan pada wajah karena kandungan zat anti penuaan.
  • Membasmi racun dan bakteri pada kulit
  • Untuk memutihkan wajah dengan cara mengoleskan parutan kentang secara merata pada wajah.
  • Merawat kulit yang terbakar sinar matahari
  • Mengatasi kulit kering dengan cara mencampur parutan kentang dengan curd lalu dioleskan secara merata ke wajah.

Selain bermanfaat bagi kesehatan wajah, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Khasiat kentang pada rambut diantaranya adalah untuk mengatasi uban, melembapkan rambut, dan mengatasi kerontokan pada rambut. Caranya adlah memarut kentang kemudian diperas, campur hasil perasan dengan satu butir telur dan tiga tetes perasan jeruk lemon. Setelah ramuan siap, oleskan merata sambil dipijat pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 hingga 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Usahakan tidak ada sisa ramuan di kulit kepala. Manfaat tersebut tidak kalah dengan manfaat masker kentang untuk wajah.

Related Posts