Manfaat ASI Eksklusif bagi Bayi

 Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan yang sangat baik bagi bayi, terutama bayi baru lahir sampai usia 6 bulan. Lalu, apa yang dimaksud dengan ASI eksklusif? ASI eksklusif adalah air susu ibu yang diberikan untuk bayi sejak baru lahir sampai berusia 6 bulan tanpa makanan pendamping atau minuman pralakteal lainnya, seperti susu formula, air gula, air putih, dan sebagainya. Jadi, bayi hanya mengonsumsi susu dari sang ibu saja tanpa mendapat asupan lain dari luar. Manfaat ASI eksklusif bagi bayi tersebut sangat luar biasa. Bahkan, banyak orang yang terkejut ketika mengetahui manfaat yang sebenarnya karena mereka menganggap ASI sama dengan susu lainnya.

Memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi sampai berusia 6 bulan memang sangat dianjurkan oleh para dokter. ASI memang memiliki kandungan gizi paling lengkap dan paling baik bagi bayi. Akan lebih baik lagi bila ASI tetap diberikan sampai bayi berusia 2 tahun meskipun diimbangi dengan makanan dan minuman lainnya, seperti nasi tim, bubur bayi, susu formula, buah-buahan lunak, dan sebagainya. Makanan-makanan tersebut biasa disebut dengan MPASI, yakni Makanan Pendamping Air Susu Ibu.

1

Manfaat ASI eksklusif bagi bayi. ASI sendiri memiliki 3 jenis sesuai dengan kandungan dan jangka waktu pemberiannya. Pertama, kolostrum, yakni cairan kental berwarna kekuning-kuningan yang dihasilkan pada hari pertama sampai hari ke-3. Kolostrum dikatakan sebagai imunisasi pertama yang dikonsumsi oleh bayi karena banyak mengandung protein untuk daya tahan tubuh yang berfungsi membunuh kuman. Kedua, susu transisi adalah air susu ibu yang diproduksi setelah kolostrum antara hari ke-4 sampai dengan hari ke-10. Di dalam susu transisi ini terdapat Immunoglobulin, protein, dan laktosa dengan konsentrasi lebih rendah dari kolostrum tetapi konsentrasi lemak dan jumlah kalori lebih tinggi. Ketiga, susu matur adalah susu yang keluar setelah hari ke-10, berwarna putih kental.

Adapun manfaat yang bisa didapat bayi karena mengonsumsi ASI eksklusif adalah sebagai berikut.

  • Memenuhi semua kebutuhan air di dalam tubuh bayi sehingga bayi tidak mungkin menderita dehidrasi.
  • Paling efektif mencegah kematian anak akibat diare atau infeksi saluran pernapasan akut.
  • Mengurangi risiko obesitas karena pemberian susu formula membuat anak menjadi lebih gemuk sekitar 20 – 30%.
  • Melindungi dari berbagai penyakit karena kolostrum ASI mengandung agen anti bakteri dan anti virus, memiliki komposisi vitamin A yang tinggi.
  • Mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental anak yang ditunjukkan dengan IQ yang lebih tinggi.
  • Mempercepat proses pemulihan anak ketika sakit.
  • Mencegah anak terkena tekanan darah tinggi sehingga juga mencegah penyakit jantung secara bersamaan.

Sangat beragam kan manfaat ASI eksklusif bagi bayi? Untuk itu, berikan ASI eksklusif pada bayi Anda agar bisa mendapatkan semua manfaat di atas. Bagi para ibu yang berencana memberikan ASI eksklusif, pastikan jumlah air susu Anda mencukupi untuk kebutuhan si bayi. Caranya dengan mengonsumsi banyak sayur hijau, susu khusus ibu menyusui, kacang-kacangan, air putih, buah kaya serat, dan beraga makanan bergizi lainnya yang baik untuk produksi ASI.

Related Posts