Manfaat khasiat Minyak Bulus bagi Kesehatan

 Kesehatan

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar mengenai minyak bulus? Selama ini sudah bukan rahasia lagi bahwa minyak bulus biasa digunakan oleh kaum laki-laki untuk meningkatkan staminanya. Apa hanya itu manfaat minyak bulus bagi kesehatan? Ternyata tidak, masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari minyak bulus bagi tubuh kita. Mungkin memang yang paling banyak diketahui adalah khasiat yang satu itu, tetapi khasiat yang lain juga penting untuk diketahui. Menurut penelitian, minyak bulus bisa digunakan untuk menjaga dan mengobati kesehatan kulit, merawat dan mengobati berbagai macam penyakit, dan masih banyak lagi.

Minyak bulus merupakan obat tradisional herbal yang telah dipercaya secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Dari namanya sudah bisa diketahui bahwa minyak ini dibuat dari hewan bulus. Apa hewan bulus itu? Bulus atau Amyda Cartilaginea adalah sejenis kura-kura berpunggung lunak karena perisainya terdiri atas tulang lunak dan tempurung punggungnya dilapisi oleh kulit tebal  dan licin. Minyak bulus sendiri diambil dari hewan bulus tersebut dengan proses pemanasan di bawah sinar matahari selama 30 hari. Dengan proses yang sedemikian lama dan membutuhkan kesabaran ekstra itulah yang membuat harga minyak bulus terbilang cukup mahal. Karena itulah banyak beredar minyak bulus palsu. Agar tidak tertipu, ada baiknya kita memahami ciri-ciri dari minyak bulus yang asli. Adapun ciri-cirinya adalah minyak bulus asli memiliki lemak yang mudah sekali menggumpal bila didiamkan selama 1 minggu. Selain menggumapal, warna minyak akan semakin kuning saat didiamkan.

1

Manfaat minyak bulus bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai macam kandungan vitamin, mineral, dan zat-zat di dalamnya mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah khasiat-khasiat yang bisa didapatkan dari minyak bulus.

  • Menghilangkan selulit
  • Menghilangkan strechmark bagi wanita yang baru melahirkan
  • Mengecilkan pori-pori wajah
  • Menghilangkan flek hitam pada wajah
  • Mencerahkan kulit wajah yang kusam dan kering
  • Mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya di wajah
  • Memperbesar dan mengencangkan pay*udara
  • Menguatkan alat vital pria
  • Mengencangkan kulit
  • Mengontrol minyak berlebih pada wajah
  • Menghilangkan bekas luka karena gigitan nyamuk, terbakar, dan lain sebagainya
  • Memutihkan dan menghaluskan kulit wajah

Khasiat-khasiat di atas menandakan bahwa manfaat minyak bulus bagi kesehatan tidak sembarangan. Yang perlu diperhatikan adalah minyak bulus hanya dipakai untuk pengobatan luar tubuh, tidak dikonsumsi atau diminum. Minyak bulus cukup dioleskan pada bagian yang ingin disembuhkan, bisa dioleskan dengan diurut perlahan agar hasilnya lebih maksimal. Meski minyak bulus memiliki banyak khasiat, tak sedikit pula orang yang malas menggunakannya karena minyak bulus memiliki bau yang tidak enak. Untuk menyiasati bau tidak enak tersebut, Anda bisa mencampur minyak bulus dengan minyak lainnya sesuai dengan kebutuhan atau pengobatan yang dilakukan, misalnya saja minyak gandapura, minyak kayu putih, minyak sereh, dan minyak-minyak lainnya. Selain minyak bulus, olahan dari bulus lainnya adalah sabun bulus. Untuk khasiat yang lebih maksimal dianjurkan memakai keduanya.

Related Posts