Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

    Apa yang di fikirkan kebanyakan orang jika mendengar kata administrasi? Mereka pasti berfikir bahwa administrasi adalah sesuatu yang berhubungan dengan pembayaran atau berhubungan dengan catat mencatat  atau biasa di sebut dengan pembukuan. Itu dikarenakan kebanyakan orang di Indonesia salah menggunakan kata administrasi tersebut sehingga mereka menganggap itulah arti sebenarnya kata administrasi. Istilah administrasi biasanya muncul di fasilitas umum sepertirumah sakit, kantor pos, bank, kantor-kantor pemerintahan dan lain-lain. Tetapi tahukah anda, apa sebenarnya arti dari istilah administrasi dan bagaimana cara penggunaan istilah tersebut. Simak dengan seksama artikel ini mengenai pengertian administrasi menurut para ahli.

Sebelum menjelaskan tentang pengertian administrasi menurut para ahli, kita sebaiknya mengerti dulu asla kata administrasi itu sendiri. Secara etimologis “Administrasi” berasal dari kata Latin. Kata administrasi terdiri dari : “Ad + ministrare” dan “Administratio”. Ad + ministrate berarti melayani, membantu atau memenuhi (The Liang Gie, 1965). Sedangkan Administratio berarti pemberian bantuan, pelaksanaan, pimpinan, dan pemerintahan. (Atmosudirdjo, 1986). Jadi sebenarnya kata administrasi itu bermakna bantuan,melayani dan sebagainya.

11

Sebenarnya ada banyak pendapat mengenai arti dari istilah administrasi tetapi pada intinya adalah sama. Menurut situs Wikipedia arti administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Dari arti istilah administrasi diatas di bagi menjadi dua arti, yaitu arti secara sempit dan luas. Secara luas istilah administrasi bermakna seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna sedangkan secara arti sempit istilah administrasi bermakna kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Disamping itu ada juga beberapa pengertian administrasi menurut para ahli, yaitu menurut Sondang P. Siagian  istilah Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Menurut George Terry Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sedangkan menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson Administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan. Dari beberapa pengertian tersebut  kita tidak menemukan bahwa istilah administrasi berhubungan dengan pembayaran ata pun keuangan, sehingga pikiran sebagian  masyarakat Indonesia telah salah  mengartikan istilah administrasi tersebut.

Dari beberapa pengertian administrasi menurut para ahli diatas dapat kita simpulkan beberapa ciri-ciri administrasi. Yang pertama dalam administrasi pasti ada kelompok manusia yang teridiri atas dua orang atau lebih yang terlibat. Yang kedua adanya kerja sama atas kelompok tersebut. Yang ketiga adanya bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan dan yang terakir adalah adanya tujuan yang akan dicapai.

Sekian artikel mengenai pengertian administrasi menurut para ahli, semoga artikel diatas bisa memberikan informasi mengenai arti sesungguhnya administrasi dan bagaimana menggunakan istilah administrasi tersebut sehingga tidak terjadi lagi salah mengartikan .

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian belajar , pengertian administrasi , pengertian sistem informasi , pengertian teknologi , pengertian bahasa , pengertian html , pengertian database , pengertian masyarakat  , pengertian lingkungan

Related Posts