Pengertian Database Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

    Bagi sebagian orang database atau basis data merupakan suatu istilahyang sangat popular di kalangan mereka karena istilah ini berhubungan dengan komputerisasi.  Tetapi sebagian orang awam pasti akan bertanya-tanya apa itu database, bagaimana bentuknya dan bagaimana cara kerjanya bahkan bagaimana cara membuatnya. Biasanya database sering di gunakan untuk mengorganisasikan daftar karyawan kantor, nilai, buku-buku di perpustakaan dan bahkan yang lebih canggih untuk mengorganisasikan bahasa pemrograman untuk perangkat lunak  tertentu yang berhubungan dengan internet. Artikel ini akan menjelaskan pengertian database menurut para ahli sehingga di harapkan pembaca dapat mendapatkan informasi mengenai istilah database.

Secara singkatnya database adalah kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas yang saling berhubungan satu dengan yang lain dengan tatacara yang tertentu untuk membentuk data baru atau infromasi yang dibutuhkan si pengguna. Jadi untuk lebih jelasnya bagi orang awam kita analogikan database adalah kumpulan sayur-sayuran, bumbu dapur dan bahan-bahan masakan yang akan di jadikan masakan baru ataupun masakan tertentu dengan tata cara memasak yang sudah di tentukan. Jadi, dengan menggunakan database yang terkomputerisasi maka kita akan membutuhkan sedikit waktu untuk menampilkan sesuatu dengan sumber data yang banyak. Mungkin bagi sebagian orang penjelasan diatas masih membingungkan. Untuk menambah  lagi informasi tentang database, ada beberapa pengertian database menurut para ahli di bawah ini.

3

Database berasal dari dua suku kata yaitu dari data dan base yang artinya berbasiskan pada data. Data adalah fakta atau kejadian dunia nyata yang mengandung suatu arti yang biasa berupa simbol, gambar, atau kata-kata. Jadi data adalah sesuatu yang nyata dan tidak imajiner walaupun tidak bisa kita pegang tetapi bisa kita lihat. Sedangkan base atau basis adalah tempat atau ruangan untuk berkumpul. Jadi, database data-data yang membentuk suatu berkas yang saling berhubungan satu dengan yang lain dengan tatacara yang tertentu untuk membentuk data baru atau infromasi. Sebelum data tersebut dapat di tampilkan, data tersebut perlu disimpan, diolah, dan diorganisasikan di dalam database sehingga informasi yang dihasilkan berkualitas dan efisien dalam penyimpanan data.

Menurut Connolly (2010, 65), database adalah suatau kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan penjelasan tentang data yang terhubung tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan informasi yang diperlukan oleh organisasi. Menurut Whitten dan Beently (2007, 548), database adalah kumpulan file yang saling terkait, database tidak hanya kumpulan file. Record pada setiap file harus memperbolehkan hubungan-hubungan untuk menyimpan file lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa database adalah kumpulan data yang terhubung yang dibutuhkan untuk mendukung operasi organisasi.  Menurut  Chou, database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus. Menurut fabbri dan Schwab, database adalah system berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan (redundancy) data. Itulah beberapa pengertian database menurut para ahli yang bisa menambah informasi sehingga dalam hal ini pembaca mengerti arti sesungguhnya istilah database dan juga bagaimana database tersebut bekerja untuk menampilkan informasi baru.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian belajar , pengertian administrasi , pengertian sistem informasi , pengertian teknologi , pengertian bahasa , pengertian html , pengertian database , pengertian masyarakat  , pengertian lingkungan

Related Posts