Manfaat Yoga bagi Kesehatan

 Kesehatan

Saat ini, yoga telah dianggap sebagai salah satu olahraga yang memiliki fungsi untuk relaksasi dan kebugaran tubuh. Manfaat yoga bagi kesehatan sudah mulai dipercaya oleh kebanyakan orang dan mulai banyak yang melakukannya sebagai rutinitas. Istilah yoga sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang bermakna serikat atau bersatu dengan alam atau Sang Pencipta. Istilah ini biasa dipakai sebagai langkah awal dalam hal-hal yang berkenaan dengan spiritualitas agama Hindu. Itu sebabnya setiap gerakan dalam olahraga yoga hampir sama dengan kegiatan bertapa atau bersemedi. Yoga memang awalnya dilakukan untuk mengontrol bentuk keduniawian yang berkaitan dengan materi di dalam jiwa manusia agar membawa perdamaian dan keseimbangan dalam batin dan terlepas dari segala bentuk keduniawian.

Pengertian yoga sendiri adalah suatu kegiatan yang melibatkan pikiran dan tubuh untuk mencapai peningkatakn kesehatan jasmani dan relaksasi. Kegiatan yoga merupakan olahraga ruangan yang bias dilakukan dalam berbagai pose yang dikerjakan dalam waktu yan relatif lama per gerakannya. Yoga banyak diminati oleh masyarakat karena manfaat yoga bagi kesehatan yang tidak sedikit bagi tubuh dan jiwa. Namun, olahraga ini biasanya hanya dilakukan oleh masyarakat menengah ke bawah. Selain membutuhkan tempat khusus dan beberapa alat khusus, yoga juga membutuhkan instruktur berpengalaman untuk memberikan instruksi tiap-tiap gerakan yang benar mengenai yoga.

5

Manfaat yoga bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai manfaat dan khasiat bisa dirasakan oleh tubuh bila secara rutin melakukannya. Yoga tidak hanya bagus untuk relaksasi dan menenangkan jiwa, khasiat bagi kesehatan tubuh dan pengobatan berbagai penyakit juga bisa didapatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari rutin melakukan olahraga yoga.

  • Mengontrol nyeri musculoskeletal, terutama osteoarthritis tangan.
  • Mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga mencegah penyakit diabetes.
  • Mengendalikan hipertensi atau tekanan darah tinggi berkat teknik relaksasi yang dimilikinya mampu menjaga tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks.
  • Menghilangkan depresi dan stress karena setiap postur dalam olahraga yoga mampu menurunkan tingkat depresi yang tajam pada penderitanya.
  • Meringankan kondisi Carpal Tunnel Syndrome, yakni kondisi yang ditandai dengan tekanan pada saraf di pergelangan tangan sehingga menyebabkan lemah, mati rasa, kesemutan, dan yang paling parah adalah mampu menyebabkan kerusakan otot pada tangan atau jari penderitanya.
  • Meredakan rasa sakit nyeri, terutama pada bagian punggung bawah.
  • Mengatasi masalah pada pencernaan seperti meningkatkan cairan pada lambung dan menstabilkan saluran pencernaan. Selain itu, yoga juga sangat bagus untuk perut, termasuk otot perut.
  • Sebagai detoksifikasi karena mampu membuat suplai darah pada tubuh menjadi optimal sehingga tubuh bisa mengeluarkan racun dan menutrisi setiap sel di dalam tubuh.
  • Meredakan asma dan bronchitis dengan teknik pernapasan pada lubang hidung secara rileks dan benar.
  • Menyehatkan jantung dan menjaga tubuh tetap dalam keadaan sehat.
  • Meningkatkan kekuatan bagi tubuh karena setiap pose pada yoga mengharuskan Anda mampu menopang tubuh secara seimbang dan optimal.
  • Menurunkan berat badan sehingga cocok untuk diet bagi wanita.
  • Meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot karena yoga berpengaruh positif pada titik sendi dan titik stress tubuh.

Related Posts