Ini dia contoh makalah bayi tabung

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah bayi tabung. Pernikahan merupakan hal yang sacral dengan tujuan yang mulia yaitu untuk membentuk keluarga yang harmonis dan bahagia. Tidak lengkap apabila sepasang suami istri menikah tanpa memiliki buah hati. Tetapi banyak factor yang menyebabkan pasangan suami istri tidak bisa memiliki anak. Hal ini terkadang yang menjadi permasalahan rumah tangga. Karena itu, seiring perkembangan zaman, teknologi medis yang telah berkembang pesat menemukan alternative lain untuk suami istri yang ingin memiliki anak yaitu dengan cara bayi tabung. Tetapi hal ini menjadi pro dan kontra dimasyarakat karena bayi tabung terdengan masih sangat aneh ditelinga masyarakat. Untuk itu, saya bertujuan menulis makalah ini untuk menjelaskan program bayi tabung kepada para pembaca yang ingin mengetahui apakah program ini tidak berbahaya dan memberikan hasil yang maksimal. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

12

Dari pembahasan makalah bayi tabung dapat ditarik kesimpulan bahwa bayi tabung merupaka suatu upaya memperoleh kehamilan dengan jalan mempertemukan sel sperma dan sel telur dalam suatu wadah khusus dimana pada kondisi normal, pertemuan ini berlangsung di dalam saluran tuba tetapi dalam proses bayi tabung proses ini berlangsung di laboratorium dan dilaksanakan oleh tenaga medis sampai menghasilkan suatu embrio dan di iplementasikkan ke dalam rahim wanita yang mengikuti program bayi tabung. Hal ini biasa disebut inseminasi buatan yang telah banyak di coba terhadap hewan. Dari segi teknik, prosedur konsepsi buatan ini sangat menegangkan, tingkat keberhasilannya belum begitu tinggi, dan biayanya sangat mahal, maka pasangan suami istri yang diterima untuk program ini harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut yaitu Telah dilakukan pengelolaan infertilitas selengkapnya, terdapat indikasi yang sangat jelas, memahami seluk beluk prosedur konsepsi buatan secara umumdan mampu membiayai prosedur bayi tabung ini. Proses bayi tabung pada manusia dapat kembangkan melalui teknik In Vitro Fertilization ( IVF). Teknik In Vitro Maturation yaitu pematangan sel telur di luar tubuh. Sel telur yang belum matang diambil lewat operasi kecil untuk dimatangkan di laboratorium. Setelah sel telur matang, pembuahan pun dilakukan. Sel telur kemudian disimpan lagi selama beberapa hari untuk menunggu terbentuknya embrio. Setelah itu embrio ditanamkan ke dalam rahim.

Demikian makalah bayi tabung yang telah dibahas. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah akuntansi manajemen , makalah sistem pemerintahan , makalah bahaya narkoba , makalah kesehatan reproduksi , makalah akhlak , makalah hepatitis , makalah demam berdarah , makalah bayi tabung , kata pengantar makalah , makalah bahasa indonesia

Related Posts