Ini dia contoh makalah bahasa indonesia

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah bahasa Indonesia. Indonesia merupakan Negara yang memiliki penduduk terbanyak didunia dengan urutan ke tiga. Ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki berbagai macam suku dan bangsa. Dalam penyatuan bangsa maka ada alat permersatu yang salah satunya adalah bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling ampuh dalam penyatuan perbedaan. Bahasa resmi Negara Indonesia adalah bahasa Indonesia. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan fungsi dan peran bahasa Indonesia bagi bangsa dan Negara. Maka dari itu, Saya selaku penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi makalah ini. Tidak henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membimbing saya dalam mengerjakan makalah ini. Serta saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

2

Makalah Bahasa indonesia

Dari pembahasan makalah bahasa Indonesia diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang baku srtuktur dan tata bahasanya sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan tulisan kata-katanya berdasarkan Ejaan Yang Telah disempurnakan. Yang dimaksud dengan kedudukan bahasa ialah status relatif bahasa sebagai sistem lambang nilai budaya,yang dirumuskan atas dasar nilai sosialnya Sedang fungsi bahasa adalah nilai pemakaian bahasa tersebutdi dalam kedudukan yang diberikan. Kedudukan bahasa Indonesia diantanya sebagai Bahasa Nasional. Sehubungan dengan kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia memiliki empat fungsi. Keempat fungsi tersebut ialah sebagai lambang identitas nasional, lambang kebanggaan nasional, alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang sosial budaya dan bahasa yang berbeda-beda, dan alat perhubungan antarbudaya dan daerah. Selanjutnya kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara yang berfungsi bahasa resmi negara, bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan, dan bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Demikian makalah bahasa Indonesia yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dalam pemanfaat ada penggunaan bahasa Indonesia yang baik dna benar didalam penerapannya dikehidupan sehari-hari. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah bahasa indonesia , cara membuat makalah , contoh cover makalah

 

Related Posts