Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul cara membuat makalah yang baik dan benar. Terdapat banyak jenis karya tulis salah satunya adalah makalah. Makalah merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang membahas pokok masalah tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu yang mendalam berdasarkan fakta dan data. Didalam cara pembuatan karya tulis dan penyusunan karya tulis terdapat bagian-bagian tersendiri yang membedakan nya satu sama lain. Makalah memiliki beberapa bagian dan cara penulisan tersendiri yang disusun secara sistematis hingga membentuk suatu bacaan yang berisi ilmu pengetahuan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan cara membuat makalah yang baik dan benar. Maka dari itu, Saya selaku penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi makalah ini. Tidak henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membimbing saya dalam mengerjakan makalah ini. Serta saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

qaqq

 Dari pembahasan cara membuat makalah yang baik dan benar diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa makalah memiliki beberapa bagian diantaranya pembuka, isi dan penutup. Bagian pembuka terdiri dari halaman depan, kata pengantar dan daftar isi. Halaman depan berisi judul makalah yang akan dibahas, nama pemakalah yang menyusuna makalah, nama dosen pembimbing, nama instansi serta lambangnya dan yang terakhir tahun ajaran. Kata pengantar merupakan kata-kata yang disampaikan atau yang ditulis oleh pemakalah yang biasanya berisi tujuan pemakalah mengangkat tema tersebut untuk dibahas dan ucapan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu pemakalah dan permintaan maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan. Daftar isi berupa halaman petunjuk setiap bagian makalah. Bagian isi makalah terdiri dari beberapa bab yaitu bab petaman berupa latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat. Bab kedua berisi pembahasan makalah yang menjelaskan pokok permasalahan. Bagian penutup makalah berisi kesimpulan dari pembahasan makalah yang telah dijelaskan. Kesimpulan berfungsi sebagai ringkasan atau ide yang berasal dari pembahasan agar pembaca mengerti isi pembahasan. Selain kesimpulan, bagian penutup terdapat saran dan kritik yang berupaya untuk melengkapi isi makalah apabila terjadi kekurangan atau kesalahan. Bagian terakhir adalah halaman penunjang berupa daftar pustaka dan lampiran. Daftara pustaka berisi sumber-sumber pembahasan makalah yang bisa berasal dari buku, artikel, majalah dan karya tulis lainnya. Dan bagian lampiran berupa bukti fisik dari penelitian yang dilakukan pemakalah dalam membuat makalah.

Demikian cara membuat makalah yang baik dan benar. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah bahasa indonesia , cara membuat makalah , contoh cover makalah

Related Posts