PENGERTIAN BANK MENURUT PARA AHLI

 Pengetahuan

pengertian bank menurut para ahli , Siapa yang tidak kenal dengan kata bank? Semua orang pasti sudah kenal dengan tempat ini, apalagi bagi yang gemar menabung ataupun bagi yang bekerja di bidang keuangan pasti kenal akrab dengan bank. Di era yang sudah modern dan juga maju ini segala aspek kehidupan mengalami perkembangan yang luar biasa cepat, salah satunya di bidang perbankan. Sewaktu kita kecil kita diajari untuk berhemat, dengan cara kita harus menyisakan uang saku kita dan sisa tersebut akan dimasukkan ke dalam wadah yang bernama celengan. Semakin lama celengan juga mengalami perkembangan, mulai dari yang terbuat dari tanah liat, berkembang terbuat dari plastik, dan kini celengan berkembang lagi terbuat dari aluminium yang memiliki kunci sehingga jika celengan sudah penuh tak perlu merusak celengan tersebut seperti celengan yang teruat dari plastik apalagi tanah liat, cukup dengan membuka gemboknya dengan kunci dan celengan akan tetap utuh seperti sedia kala. Sekilas pembahasan tentang dimana masa-masa kita dulu menabung menggunakan celengan. Dari dulu mungkin tempat ini sudah ada dan lebih aman sebagai tempat penyimpanan uang teraman, yaitu bank. Pengertian bank menurut para ahli juga akan dipaparkan dalam pembahasan kali ini. Menurut Bapak Gunarto Suhardi, bank adalah merupakan lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi perusahaan badan-badan pemerintah, swasta, maupun perorangan untuk menyimpan dana atau uangnya. Sedangkan menurut UU no 14 tahun 1967 pasal 1 definisi dari bank ialah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Dari beberapa definisi yang dikemukakan, kita mendapat kesimpulan bahwa bank adalah tempat untuk menyimpan uang yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.

4

Di atas adalah penjelasan singkat tentang pengertian bank menurut para ahli hingga pengertian secara umum. Bank yang kita ketahui memiliki banyak funsi yang umum seperti sebagai menyimpan uang dalam jangka pendek maupun panjang, tempat kredit, mentransfer, dan lain sebagainnya. Bank kini juga ada yang berbasis Islami yang menggunkan konsep keuangan yang berbasis peraturan dari agama Islam. Dan bahkan ada beberapa bank yang memiliki program menabung bagi anak-anak kecil dalam rangka menanamkan pentingnya rti menabung bagi diri mereka sendiri.

Setelah membahas tentang pengertian bank menurut para ahli juga fungsinya, disamping itu bankjuga memiliki banyak manfaat dan juga keunggulan bagi kita. Bagi kita yang sibuk, suka takut jika menyimpan uang di rumah walupun sudah diletakkan di dalam brangkas, bank adalah solusi kekhawatiran bagi yang takut menyimpan uang di rumah. Bank adalah tempat yang aman bagi siapa saja yang ingin menyimpan uangnya disana. Dengan bank, jika kita yang hobby berbelanja secara online, kita juga bisa mentransfer uang dari mana saja, ditambah lagi ada e-banking atau electronic banking yang dapat melakukan kegiatan keuangan melalui ponsel. Dengan bank sehingga kita mempunyai tabungan, otomatis kita mempunyai  simpanan uang yang jika kita tiba-tiba ada keperluan mendadak kita agak tidak terbebani. Betapa menyenangkan jika menabung di bank karena banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Jadi, jangan takut untuk menabung di bank. Budayakan menabung sejak dini.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian komunikasi , pengertian email , pengertian sejarah , pengertian etika , pengertian bank , pengertian puisi , pengertian budaya , pengertian kewirausahaan

Related Posts