Pengertian dan Fungsi Power Supply

 Pengetahuan

Setelah membahas banyak perangkat dalam jaringan komputer di pembahasan sebelumnya, sekarang kita akan kembali membahas mengenai perangkat dalam jaringan komputer. Pembahasan kita kali ini adalah tentang pengertian dan fungsi power supply, penulis mewajibkan agar pembaca tidak malas untuk mengikuti pembahasan berikut ini.

Tahukah anda tetang pengertian dan fungsi power supply? Power supply diartikan sebagai perangkat keras, yang digunakan sebagai penghantar tegangan listrik secara langsung kepada perangkat keras lainnya. Dalam komputer, power supply memiliki pengertian yang sama, yaitu sebagai hardware (perangkat keras) yang digunakan sebagai penghantar tegangan listrik dalam jaringan komputer secara langsung kepada hardware (perangkat keras) lainnya. Untuk menjalankan tugasnya, power supply mengubah arus AC (alternating current) ke DC (direct current), arus DC ini dibutuhkan perangkat keras lainnya dalam jaringan komputer untuk menjalankan tugasnya. Maksudnya adalah cara kerja power supply yang mengubah arus AC ke DC, memberikan supply energi (berupa listrik) pada perangkat keras lainnya, sehingga perangkat keras lain dalam komputer dapat menjalankan tugasnya. Karena memang arus DC lah yang dibutuhkan perangkat keras komputer untuk dapat beroperasi secara maksimal.

10

Membahas pengertian dan fungsi power supply, termasuk ilmu yang penting, karena dengan ilmu ini kita dapat mengetahui hal – hal apa saja yang berkaitan dengan komputer kita. Siapa tahu saja komputer kita akan memiliki gangguan pada fungsi power supply.  Jika hal ini terjadi apa yang akan terjadi? Jawabannya adalah, komputer anda dipastikan mati total, dan tidak dapat menyala karena power supply merupakan perangkat keras yang terbilang vital dalam suatu komputer. Tanpa adanya power supply, tidak ada supply energy, dan tanpa energy tersebut perangkat keras lain dalam jaringan komputer tidak dapat berjalan. Tidak hanya manusia yang membutuhkan energy dalam menjalankan aktifitas sehari – hari, jaringan komputer juga memiliki pengertian yang sama dalam hal ini.

Jadi apa saja fungsi power supply? Akan dibahas pada pembahasan pengertian dan fungsi power supply kali ini. Sesuai penjabaran di atas, penulis mengambil kesimpulan bahwa power supply memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

  1. Sesuai dengan namannya, power supply berfungsi sebagai supply energy dimana energy yang dihasilkan digunakan untuk perangkat keras lainnya agar dapat berfungsi dalam jaringan komputer.
  2. Power supply berfungsi dalam mengatur besar kecilnya voltasi/ tegangan listrik yang masuk ke komputer
  3. Power supply berfungsi sebagai stabilizer, maksudnya adalah, power supply berfungsi dalam penstabil aliran arus listrik dalam komputer, sehingga listrik yang masuk tidak memiliki voltase yang terlalu tinggi atau sebaliknya, karena voltase yang tidak semestinya masuk dalam jaringan komputer dapat merusak sistem komputer.
  4. Power supply berfungsi sebagai penentu layak atau tidaknya komputer dalam melakukan sistem start. Hal ini dapat berjalan saat kita menekan tombol power pada CPU komputer kita.

Sudah pahamkah anda tentang pengertian dan fungsi power supply? Minimnya kesadaran para pengguna komputer untuk mempelajari hal ini berdampak pada pendeknya umur komputer kita. Untuk itu jangan malas untuk mempelajari ilmu apapun itu. Semoga pembahasan pengertian dan fungsi power supply kali ini memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi anda yang membacanya.

Related Posts