Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan

 Kesehatan

Berbeda dengan sayuran lainnya yang berdaun dan memiliki batang, kacang panjang merupakan jenis sayuran yang memiliki bentuk unik. Sesuai dengan namanya, kacang panjang adalah salah satu keluarga polong-polongan berupa kacang yang bentuknya panjang, berwarna hijau segar, dan dapat diolah menjadi berbagai macam sayuran yang lezat. Kacang panjang bisa ditumis, dijadikan lalapan, bahkan dimasak sebagai sayur berkuah seperti sayur bening, lodeh, dan lain-lain. Kacang panjang banyak disukai dan mudah didapat karena pembudidayaannya yang sangat mudah. Meski bentuknya berbeda dengan sayur lainnya, manfaat kacang panjang bagi kesehatan tidak bisa dipandang remeh. Kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya tidak kalah dengan sayuran yang lain.

Kacang panjang popular sebagai sayuran bukan hanya karena mudah didapat, murah, dan rasanya lezat, tetapi juga karena kacang panjang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Sayuran dengan nama Latin Vigna Sinesis ini kaya akan kandungan betakaroten, klorofil, vitamin B1, vitamin B2, serat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, tembaga, kalium, zinc, selenium, dan pectin. Kacang panjang juga memiliki sifat diuretic (peluruh kencing) tingkat sedang. Dengan kandungan vitamin dan nutrisi sebanyak itu, banyak orang percaya dan meyakini kalau kacang panjang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh serta mampu mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat.

4

Kacang panjang bisa didapat dengan mudah di kawasan Asia. Pembudidayaannya bisa dilakukan di pekarangan rumah, kebun, sawah, atau di ladang. Tak ada yang menyangka bahwa kacang panjang kaya akan manfaat. Adapun manfaat kacang panjang bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Menjaga kesehatan kulit karena mengandung tembaga.
  • Sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh karena kandungan selenium yang merupakan mineral penting untuk sintesa enzim.
  • Membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal dan menstabilkan metabolisme lemak karena kandungan serat yang tinggi dalam bentuk pectin (serat larut).
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat serta menjaga fungsi saraf dan otot tetap optimal karena kandungan kalsium.
  • Mencegah kelelahan dan kurangnya tenaga karena kacang panjang mengandung vitamin B kompleks yang mampu memproduksi energi dan menjaga fungsi saraf di dalam tubuh.
  • Membentuk komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot karena mengandung zat besi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stress dan penyakit karena kandungan tembaga.
  • Meningkatkan stamina dan mencegah tubuh cepat lelah karena kandungan vitamin B1 dan B2.

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat kacang panjang bagi kesehatan seperti yang telah dipaparkan di atas, Anda harus bisa mengolah kacang panjang dengan baik dan benar. Dalam memasak kacang panjang, pastikan Anda tidak memasaknya sampai benar-benar layu karena lamanya proses memasak akan membuat nutrisi dan vitamin yang terkandung hilang. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi kacang panjang secara mentah karena gizinya masih lengkap. Namun, jangan lupa mencucinya hingga bersih dan pastikan kacang panjang yang akan Anda konsumsi terbebas dari ulat karena biasanya ulat bisa bersembunyi di dalam kulit kacang panjang.

Related Posts