Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

 Kesehatan

Selama ini daun salam dikenal sebagai salah satu bahan untuk penyedap rasa dalam masakan. Tak banyak yang tahu bahwa daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan herbal. Banyak orang yang akan membuang daun salam di dalam masakan karena dianggap tidak berguna, padahal sesungguhnya daun salam memiliki berbagai macam manfaat seperti mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, gatal-gatal, diare, kencing manis, dan lain-lain. Manfaat daun salam bagi kesehatan dikarenakan adanya kandungan beberapa senyawa di dalamnya, yakni vitamin C dan vitamin B kompleks. Daun salam juga mengandung minyak atsiri, sitral, eugenol, tannin, dan flavonoid.

Daun salam bisa dimanfaatkan untuk berbagai penyakit dengan olahan yang tepat. Berikut ini adalah berbagai penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun salam dan cara meramunya.

9

  • Untuk mengobati diare ambil 15 lembar daun salam yang direbus dengan dua gelas air hingga mendidih, sebelum diminum ditambahkan garam.
  • Untuk gatal-gatal, tumbukan daun salam dicampur dengan minyak kelapa dan dibalurkan pada bagian tubuh yang gatal.
  • Untuk mengatasi asam urat, rebus 9 lembar daun salam dan diminum hangat-hangat.
  • Untuk mengatasi stroke, masak jantung pisang yang diberi tambahan daun salam.
  • Untuk mengobati radang lambung ambil 30 gram daun salam, 30 gram daun sambiloto yang kering, dan sedikit gula batu. Semua bahan direbus dan diminum dua kali sehari.
  • Untuk mengobat mabuk karena alkohol, ambil 3 buah daun salam, dicuci, ditumbuk hingga halus, peras dan saring lalu minu air saringannya.
  • Untuk mengatasi penyakit maag, rebus 15 – 20 lembar daun salam dengan ½ liter air. Setelah mendidih tambahkan gula dan minum selagi hangat.
  • Untuk kesehatan rambut, campur daun salam koja dengan minyak rambut, rebus beberapa menit, lalu gunakan ramuan tersebut sebagai hair tonic setiap hari.
  • Untuk kesehatan mata, cukup memakan daun salam koja, bisa dengan cara dimasak atau dimakan secara mentah.

Manfaat daun salam bagi kesehatan juga bisa didapat dari buahnya. Buah dari pohon salam berbentuk bulat kecil dan  berwarna merah saat matang. Buah ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati mabuk setelah mengonsumsi minuman beralkohol. Selain daun dan buah, bagian dari pohon salam yang bisa dimanfaatkan adalah bagian kulit batang dan juga akarnya. Buah daun salam bisa dikonsumsi langsung asalkan sudah matang. Ciri buah yang sudah matang adalah berwarna merah tua dan kulitnya telah lunak. Rasa yang manis dan sedikit kandungan air membuat buah salam disukai. Namun, keberadaannya yang tidak banyak diketahui membuatnya jarang dikonsumsi meski kandungan nutrisinya sangat baik bagi tubuh.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai salah satu bahan dalam memasak, daun salam ternyata memiliki khasiat yang beragam selain untuk menyedapkan masakan. Mengetahui berbagai macam obat herbal tidak ada ruginya. Selain baik dan tidak memiliki efek samping, obat herbal juga relatif lebih murah dan mudah didapat, bahkan bisa dibuat sendiri dengan cara yang mudah.

Related Posts