Manfaat Buah, Bunga, Daun, dan Biji Pepaya bagi Kesehatan

 Kesehatan

Pepaya adalah salah satu buah yang digemari oleh banyak orang. Buah dengan nama Latin Carica Papaya ini merupakan tanaman dengan berbagai macam khasiat di seluruh bagiannya. Mulai dari manfaat buah, bunga,  daun, dan biji pepaya bagi kesehatan sebagai pengobatan dan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam tanaman pepaya terkandung enzim papain yang berfungsi sebagai untuk melancarkan pencernaan. Sudah sering kita dengar bahwa pepaya sangat bagus untuk pencernaan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Buah pepaya memiliki kandungan  vitamin A, vitamin B, riboflavin, niacin, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, lemak, karbohidrat, protein, dan kalori. Kandungan nutrisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk banyak hal selain mengatasi gangguan pencernaan. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

10

  • Mempertajam penglihatan karena kandungan vitamin A dan betakaroten.
  • Menjaga kesehatan ginjal karena mengandung flavonoid dan phenotic.
  • Mencegah flu karena kandungan vitamin C bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh.
  • Mencegah penuaan dini karena kandungan antioksidan.
  • Menjaga kesehatan kulit karena kandungan vitamin A, C, dan E.
  • Mencegah serangan jantung dan stroke karena mengandung antioksidan yang tinggi untuk mencegah oksidasi kolesterol.
  • Untuk obat antiradang karena kandungan papain dan chymopapain untuk radang dan penyembuhan luka bakar.

Manfaat buah, bunga,  daun, dan biji pepaya bagi kesehatan. Bunga pepaya memiliki kandungan senyawa alkaloid carpein, tannin, steroid, flavonoid, triterpenoid, serat alami, dan karbohidrat. Bunga pepaya ini memiliki khasiat yang sangat ampuh dalam melumpuhkan pengaruh radikal bebas dan mampu membersihkan darah di dalam tubuh. Untuk daun pepaya, manfaatnya lebih banyak lagi dan beragam, yakni melunakkan daging, menambah nafsu makan, mencegah kanker, menghilangkan jerawat, mengontrol tekanan darah, mengobati rasa nyeri haid, mengobati demam berdarah, dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi daun pepaya bisa dilakukan dengan cara dijadikan masakan atau sayuran. Cara termudah bisa juga dengan direbus saja lalu dijadikan lalapan. Yang terpenting adalah kandungan senyawa dan nutrisi di dalamnya tidak hilang dan bisa diserap tubuh dengan baik.

Selanjutnya mengenai biji pepaya dan manfaatnya. Tak banyak yang mengetahui bahwa biji pepaya pun bisa diolah dan dijadikan bahan untuk pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh. Selama ini orang hanya tahu bahwa biji pepaya dimanfaatkan untuk proses pembibitan, tetapi banyak penelitian yang menyebutkan bahwa biji pepaya mengandung berbagai macam khasiat yang tidak bisa dianggap remeh. Biji pepaya memiliki khasiat untuk melindungi ginjal, menghilangkan parasit di dalam usus, sebagai antibakteri, menetralisisr racun di dalam hati, dan mengobati cacingan. Namun, yang perlu diwaspadai adalah larangan mengonsumsi biji pepaya bagi wanita yang sedang hamil karena bisa meningkatkan risiko mengalami keguguran.

Manfaat buah, bunga,  daun, dan biji pepaya bagi kesehatan sangatlah beragam. Karena itulah sangat patut bila pepaya disebut sebagai tanaman seribu khasiat. Seluruh bagian dalam tanaman pepaya bisa dimanfaatkan dan memberikan pengaruh yang tidak sepele bagi tubuh kita. Mempelajari cara meramu dan mengolahnya menjadi suatu keharusan agar tidak perlu bingung lagi mencari obat-obatan yang berbahaya.

Related Posts