Ini dia contoh makalah sistem pemerintahan

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah sistem pemerintahan. Berdirinya Negara membuat negera tersebut membuat pemerintahan yang bertujuan untuk mengatur negera dan penduduknya. Pemerintahan tersebut memiliki suatu system yang menampilkan formasi yang telah diatur dan disusun sedemikian rupa sehingga bermanfaat dalam mengatur pemerintahan Negara. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membantu para pembaca dalam mengenal jenis-jenis system pemerintahan dan system pemerintahan yang telah dianut oleh Indonesia. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

6

Dari pembahasan makalah sistem pemerintahan dapat ditarik kesimpulan bahwa system pemerintahan sebagai sarana kelompok untuk menjalankan roda pemerintahan guna menjaga kestabilan negara dalam waktu relatif lama guna mencegah adanya perilaku menyimpang maupun radikal dari rakyat itu sendiri. System pemerintahan yang berjalan sistematis dan disiplin akan membawa kesejahteraan bagi rakyat terutama dalam menjaga kestabilan masyarakat, menjaga tingkah laku kaum mayoritas maupun minoritas, menjaga fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang berkelanjutan dalam demokrasi dimana seharusnya masyarakat bisa ikut turut andil dalam pembangunan sistem pemerintahan tersebut. Sesuai dengan kondisi negara masing-masing, system pemerintahan dibendakan menjadi beberapa macam yaitu presidensial, parlementer, semipresidensial, komunis, demokrasi generous dan generous. Pembukaan UUD 1945 Alinea IV menyatakan bahwa kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu disusun dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat. Berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945, Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa bentuk negara Indonesia adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republic.

Demikian makalah system pemerintahan yang telah dibahas. Semoga makalah ini memberi manfaat bagi para pemabaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah akuntansi manajemen , makalah sistem pemerintahan , makalah bahaya narkoba , makalah kesehatan reproduksi , makalah akhlak , makalah hepatitis , makalah demam berdarah , makalah bayi tabung , kata pengantar makalah , makalah bahasa indonesia

Related Posts