Ini dia contoh makalah kesehatan reproduksi

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah kesehatan reproduksi. Masalah kewanitaan merupakan hal terpenting untuk dijaga namun sering diabaikan. Menjaga kesehatan reproduksi menjadi topic pembahasan yang sensitive untuk dibicarakan. Namun wanita yang mulai beranjak dewasa harus mengetahui cara menjaga kebersihan diri terutama daerah kewanitaan karena penyakit seperti kanker serviks sangat berbahaya. Oleh sebeb itu tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas cara membersihkan dan menjaga alat reproduksi wanita. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

8

Dari pembahasan makalah kesehatan reproduksi diatas dapat disimpulkan bahwa kesehatan reproduksi adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang utuh dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi-fungsi serta proses-prosesnya. System reproduksi wanita adalah bagian tubuh wanita yang sangat rentan terserang penyakit maka wanita bertanggung jawab atas kesehatan reproduksinya. Cara untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan bebarapa kegiatan yaitu menjaga keasaman vagin*a yang artinya aluran vag*na senantiasa terbuka dengan dunia luar sehingga selalu memiliki risiko terkena infeksi dari luar. Namun, suasana masam yang terbentuk di mulut saluran vag*na dan posisi saluran vag*na yang selalu dalam kondisi terkatup menyebabkan tidak seluruh bibit penyakit berhasil memasukinya. Jangan menyabuni vag*na secara berlebihan, memakai obat semprot pewangi vag*na (douching), atau pemakaian bahan kimiawi lainnya karena dapat menghilangkan keasaman vag*na. Berikutnya adalah mencegah infeksi saluran kemih dengan cara Arah cebok yang salah dapat menjadi penyebab terjadinya infeksi membasu bagian vag*na saat buang air kecil dan besar dengan cara yang benar. Cara yang seharusnya dilakukan adalah membasu vag*ina dari arah depan (kemaluan) ke belakang (liang dubur/anus). Bila sebaliknya, setiap bibit penyakit yang banyak berada di liang dubur akan terbawa masuk ke liang kemih atau vag*na.

Demikian makalah kesehatan reproduksi yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pemabaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah akuntansi manajemen , makalah sistem pemerintahan , makalah bahaya narkoba , makalah kesehatan reproduksi , makalah akhlak , makalah hepatitis , makalah demam berdarah , makalah bayi tabung , kata pengantar makalah , makalah bahasa indonesia

Related Posts