Pengertian Virus Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pernahkah Anda mendengar kata virus? Meski termasuk hal yang tidak bisa dilihat, virus itu ada dan bisa menyerang semua makhluk hidup. Sebagai hal yang abstrak, virus menjadi hal yang menarik untuk menjadi bahan penelitian. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya pengertian virus menurut para ahli. Memang, hampir di semua negara maju banyak sekali ilmuwan yang sampai sekarang terus melakukan penelitian mengenai virus. Banyaknya macam virus dan dampak yang disebabkan olehnya menjadikan virus semakin menarik untuk diteliti. Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas. Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia

Lalu, apa sebenarnya virus itu? Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Dalam sel inang, virus merupakan parasit obligat dan di luar inangnya menjadi tak berdaya. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus menyandi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

3

Selain pengertian virus menurut para ahli, kita juga bisa mempelajari ciri-ciri virus. Dengan mengetahui ciri-cirinya, meski tak terlihat kita tetap bisa memahami seperti apa bentuk virus tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri virus.

  • Virus berukuran super kecil (ultramikroskopis) , bahkan lebih kecil dari sel, yakni sekitar 0,2 mikron.
  • Tubuh virus terdiri dari satu jenis proteindan asam inti saja. Karena tidak memiliki sitoplasma dan organel, maka virus tidak dapat digolongkan ke dalam organisme seluler.
  • Memiliki ciri seperti benda mati, yaitu dapat dkristalkan, sekaligus memiliki ciri seperti benda hidup, yakni dapat berkembang biak.
  • Virus memiliki banyak sekali variasi bentuk (bulat, batang, oval, seperti huruf T, dan lain-lain).
  • Virus merupakan parasite sejati atau parasite obligat.
  • Kapsid tersusun dari protein yang berisi DNA saja atau RNA.
  • Virus hanya bisa beraktivitas di sel makhluk hidup.

                Dari ciri-ciri di atas diketahui bahwa virus bisa berkembangbiak seperti makhluk hidup, namun cara yang dilakukan tidaklah sama. Virus memulai perkembangbiakkannya dengan menginfeksi sel makhluk hidup. Ketika menginfeksi sel makhluk hidup, ia memasukkan asam intinya ke dalam sel inang tersebut. Selanjutnya asam inti itu memperbanyak diri di dalam sel inang sehingga sel inang menjadi rusak. Setelah selesai memanfaatkan sel inang, virus akan keluar dari sel inang tersebut.

                Dari pengertian virus menurut para ahli, kita juga bisa mengetahui bahwa virus tidak dapat hidup dengan bebas di alam seperti makhluk hidup. virus hanya dapat hidup dan berkembang sebagai parasit dalam tubuh  makhluk hidup. Virus membawa dampak yang besar terhadap tubuh inangnya, terkebih lagi, ia biasanya membawa dampak yang negatif terhadap inangnya. Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat virus adalah hepatitis, HIV AIDS, influenza, batuk, dan lain-lain.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian server , pengertian pergaulan bebas , pengertian hiv aids , pengertian virus , pengertian poster , pengertian media pembelajaran , pengertian karya ilmiah , pengertian e-mail , pengertian obligasi , pengertian haji , pengertian url

Related Posts