Pengertian HIV AIDS Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                HIV AIDS menjadi salah satu penyakit mengerikan yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Tak sedikit yang meninggal setiap harinya karena penyakit yang disebabkan oleh virus ini. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa sebenarnya penyakit berbahaya ini? Bagaimana pula pengertian HIV AIDS menurut para ahli? HIV AIDS dikenal sebagai penyakit pertama kali pada tahun 1981. Pada saat itu jumlah kasusnya masih sangat sedikit dan sebagian besar terjadi di Amerika. Namun, saat ini jumlah penderita HIV AIDS ini telah meningkat dengan pesat. Pemicunya adalah gaya hidup bebas dari masyarakat serta jumlah pemakai narkoba dan obat-obatan terlarang yang meningkat tajam. Sudah menjadi tugas kita semua untuk mencegah semakin bertambahnya jumlah penderita AIDS di dunia.

2

                Berikut ini pengertian HIV AIDS menurut para ahli. Beberapa definisi di bawah ini merupakan pengertian yang diambil melalui penelitian.

  • Menurut John W. Santrock AIDS adalah penyakit menular se*k*sual yang disebabkan oleh suatu virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).
  • Menurut Jonathan Weber & Annabel Ferriman, AIDS adalah singkatan dari Aquired Immune Deficiency Syndrom (Sindrom cacat dapatan pada imunitas). Ini adalah infeksi virus yang bisa menyebabkan kerusakan yang parah dan tidak bisa diobati pada sistem imunitas, sehingga korbannya terbuka terhadap infeksi dan kanker tertentu.
  • Menurut Nur Farida, AIDS merupakan penyakit global yang sedang diupayakan pemecahannya oleh berbagai lembaga penelitian di dunia.
  • Menurut Nursalam, AIDS merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan beum ditemukan obat yang dapat memulihkannya hingga saat ini.
  • Menurut Mark A. Graber, Peter P. Toth, dan Robert L. Herting, AIDS merupakan suatu spektrum manifestasi penyakit yang berkisar dari keadaan tidak bergejala sampai mematikan; ditandai dengan defisiensi imun berat, infeksi oportunistik, dan kanker, timbul pada orang yang tidak mendapatkan pengobatan imunosupresif dengan tanpa penyakit imunisupresif lain.
  • Menurut Irwansyah, AIDS merupakan fase terminal akhir dari infeksi HIV.
  • Menurut David D. Cooke, Pamela J. Baldwin, dan Jaqueline Howison, AIDS adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
  • Menurut Mikrajuddi, AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Akibatnya, tubuh mudah diserang penyakit-penyakit lain yang berakibat fatal.

                Berdasarkan pengertian HIV AIDS menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa HIV merupakan sebuah virus yang di akibatkan oleh hubungan se*k*sual, tetapi sekarang bisa terkena karena penggunaan suntik heroin secara bebas berkali kali tanpa pergantian. HIV (Human Immunodeficiency Virus) dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun. Sistem kekebalan dianggap defisien ketika sistem tersebut tidak lagi dapat menjalankan fungsinya memerangi infeksi dan penyakit-penyakit. Orang yang kekebalan tubuhnya defisien (Immunodeficient) menjadi lebih rentan terhadap berbagai ragam infeksi, yang sebagian besar jarang menjangkiti orang yang tidak mengalami defisiensi kekebalan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian server , pengertian pergaulan bebas , pengertian hiv aids , pengertian virus , pengertian poster , pengertian media pembelajaran , pengertian karya ilmiah , pengertian e-mail , pengertian obligasi , pengertian haji , pengertian url

Related Posts