Pengertian Karbohidrat Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Berbicara mengenai karbohidrat selalu identik dengan nasi, jagung, singkong, dan bahan-bahan makanan lain yang menjadi makanan utama bagi masyarakat. Namun, makna dari karbohidrat lebih luas daripada hanya sebagai bahan makanan utama. Apa sebenarnya pengertian karbohidrat? Apa pula pengertian karbohidrat menurut para ahli bila dilihat dari segi ilmu gizi? Karbohidrat pada dasarnya merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Bila kita kekurangan asupan karbohidrat, bukan tidak mungkin tubuh akan menjadi lemas dan tidak bisa beraktivitas dengan maksimal. Namun, asupan karbohidrat di dalam tubuh juga harus dikontrol, disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak terlalu berlebihan. Bila terlalu berlebihan juga akan membahayakan tubuh.

                Karbohidrat disebut juga sebagai zat gula. Zat ini berfungsi sebagai sumber kalori utama bagi tubuh manusia. Pengertian lain yang diungkapkan oleh Pekik menyebutkan bahwa karbohidrat adalah komposisi yang terdiri atas karbon, hydrogen, dan oksigen yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan, seperti beras, jagung, gandum, dan umbi-umbian yang terbentu melalui proses asimilasi dalam tumbuhan tersebut. Kandungan karbohidrat dalam makanan juga bisa menentukan rasa, warna, tekstur, dan tampilan pada makanan tersebut. Karbohidrat juga bisa berguna untuk sistem pencernaan manusia, konsumsi yang sesuai akan melancarkan sistem pencernaan.

4

                Selain fungsi yang telah termasuk dalam pengertian karbohidrat menurut ahli di atas, masih ada beberapa fungsi dari keberadaan karbohidrat di dalam tubuh. Fungsi-fungsi tersebut adalah pertama, memberikan rasa kenyang; kedua, sebagai suber energi utama yang sangat diperlukan dalam aktivitas untuk menghasilkan gerak; dan ketiga, pembentukan cadangan sumber energi karena karbohidrat bisa disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh. Untuk fungsi ketiga ini yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat. Karbohidrat bisa diubah oleh sistem pencernaan tubuh menjadi lemak. Bila karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak dari kebutuhan yang seharusnya, tubuh akan mengolahnya sedemikian rupa sehingga karbohidrat tersebut menjadi lemak. Lemak inilah yang akan menjadi cadangan bagi tubuh saat sewaktu-waktu dibutuhkan energi tambahan bagi tubuh.

                Karbohidrat yang dirumuskan Cx(H2O)y ini memiliki 3 klasifikasi bila dilihat dari susunan kimianya. Ketiga klasifikasi tersebut adalah monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Monosakarida (gula sederhana) adalah karbohidrat paling sederhana dan merupakan molekul terkecil. Ada tiga golongan monosakarida, yakni glukosa (terdapat dalam buah dan sayur), fluktosa (terdapat dalam madu), dan glaktosa (berasal dari pemecahan disakarida). Disakarida (gula ganda) adalah gabungan dari dua jenis monosakarida. Ada tiga golongan disakarida, yakni sukrosa (terdapat dalam gula tebu dan gula aren), maltosa (hasil dari pecahan zat tepung atau pati), dan laktosa (terdapat dalam susu). Polisakarida (karbohidrat kompleks) adalah gabungan dari beberapa molekul monosakarida. Ada tiga golongan polisakarida, yakni pati (sumber kalori dan karbohidrat yang besar), glikogen (karbohidrat berupa gula yang disimpan di hati dan otot), dan serat. Itulah penjabaran mengenai pengertian karbohidrat menurut para ahli. Dalam ulasan tersebut telah dijabrakan dengan jelas bahwa pengertian karbohidrat tidak hanya pada makanan utama yang selama ini dianggap oleh banyak orang. Karbohidrat memiliki makna yang lebih luas dan beragam.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian deposito , pengertian diksi , pengertian sabar , pengertian desentralisasi , pengertian karbohidrat , pengertian sikap , pengertian identitas nasional , pengertian printer , pengertian perilaku , pengertian kebijakan publik , pengertian tabungan

Related Posts