Pengertian Tabungan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kemungkinan adanya hal-hal yang tak terduga di masa mendatang membuat seseorang diharuskan untuk menyiapkan lahir dan batin untuk menghadapinya. Salah satu hal yang harus disiapkan adalah tabungan masa depan. Tabungan selalu diidentikkan dengan dunia perbankan dan uang. Hampir semua orang akan bisa menunjukkan saat ditanya seperti apa bentuk tabungan itu? Namun, tak semua orang bisa menjawab jika ditanya apa pengertian tabungan? Termasuk juga dengan apa pengertian tabungan menurut para ahli? Meski kelihatannya kedua pertanyaan tersebut cukup sepele dan mudah untuk dijawab, kenyataannya tak banyak orang yang memahaminya. Dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai konsep dan pengertian dari tabungan.

                Secara umum dan sederhana, tabungan adalah sebagian pendapatan yang tidak dihabiskan atau tidak digunakan. Tabungan juga bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan untuk berhemat demi mendapatkan simpanan uang yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Selain pengertian tersebut, ada pula pengertian tabungan menurut para ahli. Pengertian tersebut disebutkan dalam UU Perbankan No. 10 Tahun 1998 dan juga disampaikan oleh N. Lapoliwa dan Daniel S. Kuswandi. Dalam UU Perbankan No. 10 tahun 1998, tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dan disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan ek, bilyet giro, atau alat penarikan lain yang sama dengan itu. Sedangkan menurut N. Lapoliwa dan Daniel S. Kuswandi, tabungan adalah simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan oleh orang yang menabung sewaktu-waktu sesuai keinginannya.

10

                Ada berbagai bentuk tabungan dalam dunia perbankan hingga saat ini. Bentuk-bentuk tabungan ini disesuaikan fungsinya dengan kebutuhan masyarakat yang semakin besar terhadap keberadaan perbankan. Bentuk-bentuk tabungan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tabungan giro atau tabungan kas adalah jenis tabungan berupa uang yang disimpan di lembaga perbankan milik pemerintah atau swasta. Proses dalam tabungan jenis ini prosesnya sangat mudah dan berisiko paling kecil.
  2. Tabungan Deposito adalah rekening tabungan, giro, atau jenis lainnya dari rekening bank di sebuah lembaga perbankan dimana uang yang disimpan bisa ditarik kembali. Tabungan deposito ini bisa disimpan dalam jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga tertentu.
  3. Investasi adalah salah satu cara untuk menempatkan uang pada bentuk asset dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan di kemudian hari, seperti tambahan modal, dividen, atau bunga. Namun, investasi ini memiliki risiko yang berjenjang, mulai dari risiko kecil hingga risiko paling besar.
  4. Rekening tabungan online adalah salah satu bentuk rekening yang bisa disimpan, dipindahkan, atau ditarik dengan cara memanfaatkan jaringan internet. Kelebihan bentuk tabungan ini adalah nasabah tidak perlu mengunjungi bank atau tempat penyimpanan uang lainnya. Ini merupakan salah satu terobosan yang memanfaatkan teknologi terkini.

                Berdasarkan pengertian tabungan menurut para ahli dan bentuk-bentuk tabungan di atas, ada hal-hal yang bisa dipelajari lebih lanjut. Tabungan ternyata tidak hanya berupa uang, bisa berupa barang, investasi, dan lain-lain. Dalam hal tempat menabung, ternyata juga tidak hanya bisa dilakukan di sebuah lembaga perbankan yang selama ini dikenal oleh masyarakat, tetapi bisa juga dilakukan secara online.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts