Pengertian Kalimat Efektif Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Di dalam bahasa Indonesia terdapat istilah kalimat efektif. Istilah ini dianggap perlu dalam kehidupan sehari-hari hingga dibuatkan materi khusus mengenainya dan dipelajari secara formal di sekolah. Namun, tak semua orang memahami apa itu kalimat efektif dan seperti apa bentuknya. Penjelasan mendalam mengenai kalimat efektif bisa dipelajari dalam pengertian kalimat efektif menurut para ahli. Sebagai salah satu ilmu yang dipelajari secara formal, tentu banyak pakar yang mengemukakan pendapatnya mengenai hal tersebut. Kalimat efektif memang bukan hal yang bisa dipelajari dengan mudah karena mencakup berbagai macam komponen kebahasaan. Untuk itu diperlukan pembelajaran lebih mendalam tentangnya.

Kalimat efektif terbentuk dari dua istilah, yakni kalimat dan efektif. Sebelum mempelajari maknanya, bisa kita artikan makna kata-kata pembentuknya terlebih dahulu. Kalimat adalah salah satu satuan bahasa yang bisa diwujudkan dalam tulisan maupun lisan, memiliki sekurang-kurangnya subjek dan predikat. Sedangkan efektif adalah tepat guna bila digunakan dengan sasaran yang tepat. Jadi, secara istilah kalimat efektif bisa diartikan sebagai susunan kalimat yang penggunaan dan ragam bahasanya tepat dalam situasi kebahasaan tertentu. Kalimat efektif juga bisa diartikan sebagai suatu bentuk kalimat yang secara sadar disusun agar memiliki informasi yang baik untuk disampaikan. Bila seseorang mampu menyampaikan pikiran dan gagasannya dengan kalimat efektif, maka ia telah berusaha untuk memberikan informasi yang baik dan bisa diterima dengan baik pula oleh pendengarnya.

6

Kalimat efektif memiliki banyak sekali pengertian yang diungkapkan oleh para pakar bahasa. Berikut ini adalah pengertian kalimat efektif menurut para ahli di bidang ketatabahasaan.

  • Menurut Arifin, kalimat efektif adalah kalimat yang memenuhi kriteria dan kaidah serta jelas dan enak dibaca.
  • Menurut Rahayu, kalimat efektif adalah kalimat yang memenuhi syarat-syarat komunikatif, gramatikal, dan sintaksis, kalimatnya juga harus mudah dipahami serta mampu menimbulkan daya khayal pada diri pembacanya.
  • Menurut Nasucha, Rohmadi, dan Wahyudi, kalimat efektif adalah kalimat yang dapat menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Menurut Akhadiah, Arsjad, dan Ridwan, kalimat efektif adalah kalimat yang benar dan jelas sehingga mudah dipahami orang lain.

Kalimat efektif memiliki ciri-ciri yang harus dipatuhi agar menjadi kalimat yang baik dan benar. Ciri-ciri yang dimaksud adalah kesepadanan struktur bahasa, keparalelan atau kesejajaran bentuk, ketegasan atau penekanan kata, kehematan kata, kesatuan gagasan, dan kelogisan. Kesepadanan struktur bahasa adalah keseimbangan antara gagasan dan struktur bahasa yang digunakan. Kesejajaran bentuk adalah adanya unsur-unsur yang sama berupa kata atau frasa di dalamnya. Ketegasan kata adalah sebuah perlakuan khusus pada kata-kata tertentu dalam kalimat sehingga bisa berpengaruh pada kalimat secara utuh. Kehematan kata adalah upaya untuk menghindari pemakaian kata-kata yang tidak perlu. Kesatuan gagasan adalah kesatuan ide pokok dalam kalimat. Kelogisan adalah arti kalimat yang logis dan masuk akal serta sesuai dengan penulisan EYD.

Demikian paparan mengenai pengertian kalimat efektif menurut  para ahli. Yang perlu ditekankan adalah bahwasanya kalimat efekti tidak hanya benar dari segi struktur dan bentuknya, tetapi juga benar dari segi makna kalimatnya. Sebuah kalimat yang ditulis secara efektif akan membuatnya mudah untuk dipahami maknanya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts