Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Bimbingan konseling atau bisa disingkat dengan BK biasanya selalu dihubungkan dengan salah satu layanan yang ada di sekolah. BK diidentikkan dengan konsultasi mengenai masalah siswa dan tempat untuk menghukum siswa yang melakukan kesalahan. Guru BK juga dijadikan tempat bercerita dan menghubungkan antara masalah siswa di sekolah dengan orang tuanya. Namun, benarkah seperti itu konsep dan pengertian mengenai bimbingan konseling? Kenyataannya, bimbingan konseling memiliki makna dan hakikat yang lebih luas, bukan hanya sebagai pihak yang menyelesaikan masalah siswa di sekolah saja. Bimbingan konseling memiliki hubungan dengan ilmu psikologis, tak heran bila banyak pengertian bimbingan konseling menurut para ahli yang diungkapkan oleh para pakar psikologi. Bimbingan konseling dan psikologi sama-sama membahas mengenai segala hal yang berhubungan dengan keadaan psikis seseorang.

Untuk lebih lanjut mengenai bimbingan konseling, kita mulai dulu dengan pengertiannya secara umum dan sederhana sebelum melangkah ke pengertian bimbingan konseling menurut para ahli. Secara umum, bimbingan konseling diartikan sebagai suatu hubungan antara seseorang dengan konselor yang sifatnya pribadi dan dilakukan melalui tatap muka secara langsung. Dalam hal ini konselor akan membantu untuk memahami karakteristik, keadaan, dan masa depan orang tersebut yang mungkin bisa diciptakannya dengan segala potensi yang dimilikinya. Meski bimbingan konseling memiliki kedekatan hubungan dengan ilmu psikologi, tetapi bimbingan konseling tak bisa disamakan dengan psikoterapi. Hal tersebut karena bimbingan konseling hanya berupa dialog antara konselor dan klien, sedangkan psikoterapi lebih mengarah ke tindakan berupa terapi karena klien memiliki kelainan pada kepribadian atau karakternya.

1

Bimbingan konseling bisa dipahami lebih lanjut dengan definisi-definisi yang dikemukakan oleh para pakar. Berikut ini adalah pengertian bimbingan konseling menurut para ahli yang bisa dipelajari.

  • Menurut Tolbert, bimbingan konseling adalah cara seseorang dapat belajar untuk menyelesaikan maslah yang ada di kehidupan dan menemukan kebutuhannya di masa mendatang.
  • Menurut Smith, konseling adalah proses konselor membantu konseli dalam membuat interpretasi mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan pilihan, rencana, atau penyesuaian yang perlu dibuat.
  • Menurut Abu Ahmadi, bimbingan konseling adalah bantuan yang diberikan kepada seseorang, biasanya adalah peserta didik, agar potensinya bisa berkembang secara optimal dan maksimal dengan cara memahami dir sendiri, lingkungan, dan mencoba untuk mengatasi hambatan dengan tujuan menentukan masa depan yang lebih baik.
  • Menurut Pepinsky dan Pepinsky, konseling adalah interaksi antara konselor dank lien yang terjadi dalam suasana profesional dan dilakukan untuk memudahkan perubahan-perubahan dalam tingkah laku.
  • Menurut Bimo Walgito, bimbingan konseling adalah sebuah pertolongan yang diberikan kepada seseorang atau kelompok orang dengan tujuan agar terhindar dan bisa mengatasi kesulitan-kesulitan di kehidupannya serta bisa mencapai kesejahteraan.
  • Menurut James Adam, konseling adalah hubungan timbal balik antara seorang konselor dengan kliennya (konseli) agar ia dapat lebih memahami dirinya dengan masalah yang dihadapinya sekarang dan yang akan datang.
  • Menurut Berdnard dan Fullmer, konseling adalah hubungan antarindividu untuk mengungkapkan kebutuhan, motivasi, dan potensi yang unik dari individu dan membantu individu yang bersangkutan untuk mengapresiasikan ketiga hal tersebut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts