Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Dalam dunia perekonomian dan bisnis dikenal istilah etika bisnis. Apa itu etika bisnis? Apa pula pengertian etika bisnis menurut para ahli di bidangnya? Etika bisnis biasanya diterapka secara tegas dalam sebuah perusahaan untuk menjaga profesionalitas karyawan dan seluruh warga di perusahaan tersebut. Sesuai dengan kata pembentuknya, yakni etika, berarti perusahaan diharapkan memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh segenap warga di dalamnya. Aturan tersebut bisa berhubungan dengan cara bekerja, cara bersikap, cara menjalin kerja sama, dan cara-cara lainnya. Semua perusahaan pasti meyakini bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, bisnis yang bekerja dengan unggul dan menaati kaidah-kaidah yang sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Pada dasarnya, istilah etika bisnis terbentuk dari dua kata, yakni etika dan bisnis. kata etika berasal dari bahasa Yunani Kuno “ethikos” yang bermakna timbul dari kebiasaan. Jadi, etika bisa dimaknai sebagai ilmu yang membahas mengenai perilaku baik buruk, benar salah, dan tanggung jawab dari manusia yang sesuai dengan norma-norma tertentu. Sedangkan makna bisnis secara etimologi adalah keadaan dimana seseorang atau kelompok orang melakukan pekerjaan dengan tujuan menghasilkan keuntungan. Secara ekonomi, bisnis diartikan sebagai suatu organisasi atau kegiatan menjual barang dan jasa pada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, pengertian bisnis lebih mengarah pada suatu kegiatan yang tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan barang atau jasa kepada konsumen.

5

Dari pembentukan istilah etika bisnis di atas, beberapa pakar mencoba membuat definisi mengenai etika bisnis. Berikut ini adalah pengertian etika bisnis menurut para ahli.

  • Menurut Bussiness & Society-Ethics and Stakeholders Management, etika bisnis adalah kedisiplinan yang berhubungan dengan baik dan buruknya suatu tugas dan kewajiban moral dalam konteks bisnis.
  • Menurut Velasquez, etika bisnis adalah ilmu yang khusus mengajarkan tentang moral benar dan salah yang berkonsentrasi pada standar moral yang diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.
  • Menurut Sim, etika bisnis adalah karakter dalam menyampaikan integritas moral dan nilai-nilai yang konsisten dalam pelayanan kepada masyarakat. Hal ini berkaitan erat dengan kepemimpinan yang efektif dalam organisasi.
  • Menurut Hill dan Jones, etika bisnis adalah ilmu yang membedakan salah dan benar dengan tujuan untuk memberikan perbekalan pada pimpinan perusahaan saat mempertimbangkan untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan masalah moral yang kompleks.
  • Menurut Steade et al, etika bisnis adalah standar etika yang berhubungan dengan tujuan dan cara dalam membuat keputusan bisnis.

Dalam pengertian etika bisnis menurut para ahli terdapat berbagai macam teori yang bisa digunakan. Teori-teori tersebut adalah teori teologi, teori deontologi, teori hak, dan teori keutamaan. Teori teologi adalah teori yang berisi mengenai etika yang mengukur baik buruknya suatu perilaku berdasar pada tujuan yang ingin dicapai atau akibat yang ditimbulkan. Teori deontologi adalah kewajiban manusia agar berperilaku baik. Teori hak adalah teori yang berkaitan dengan kewajiban dan hak yang didasarkan atas martabat manusia. Teori keutamaan adalah teori yang menekankan pada sikap atau akhlak seseorang, apakah ia berbuat adil, jujur, baik, murah hati, atau sebagainya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts