Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, seseorang harus mempersiapkan banyak hal. Hal-hal yang biasa dipersiapkan adalah modal, lokasi, jenis usaha, sasaran, dan yang tak kalah pentingnya adalah peluang usaha itu sendiri.apa yang dimaksud dengan peluang usaha? Bagaimana peran peluang usaha terhadap suatu bisnis? Tentunya sebagai salah satu hal yang penting dalam bisnis, banyak kajian yang membahas mengenai peluang usaha, mengingat bisnis kini semakin menjamur di kalangan masyarakat. Oleh karenanya, pengertian peluang usaha menurut para ahli adalah juga ikut menjamur keberadaannya. Bagi yang ingin membuka sebuah usaha atau bisnis bisa mempelajari mengenai hal tersebut sebagai bekal yang bermanfaat.

Peluang usaha merupakan sebuah langkah awal seseorang yang ingin menekuni dunia bisnis. Menurut para ahli, peluang usaha terbentuk dari dua kata, peluang dan usaha. Peluang memiliki makna kesempatan. Secara lebih jelas, peluang adalah suatu kesempatan yang muncul atau terjadi pada satu peristiwa. Usaha adalah berbagai daya dan upaya untuk memperoleh apa yang diinginkan. Jadi, secara terminologis, pengertian peluang usaha adalah suatu kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh seseorang untuk memperoleh apa yang diinginkannya (karena dalam konteks bisnis maka keinginan tersebut bisa berupa keuntungan, kekayaan, atau uang) dengan memanfaatkan berbagai macam faktor. Peluang usaha juga bisa diartikan sebagai sebuah peluang di sektor bisnis atau kewirausahaan yang bisa dicoba oleh siapa saja yang menginginkannya.

10

Dari pengertian peluang bisnis menurut para ahli di atas, peluang usaha bisa diperoleh dengan memanfaatkan beberaoa faktor. Faktor yang dimaksud adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri seseorang itu sendiri, yakni minat dan bakat yang dimilikinya. Dengan minat dan bakat yang sudah ada, seseorang tinggal mengembangkannya agar bisa lebih baik lagi dan menghasilkan usaha yang memberikan keuntungan. Faktor selanjutnya adalah faktor eksternal, yakni berbagai macam hal yang berasal dari luar diri seseorang. Faktor-faktor eksternal tersebut sangat beragam, misalnya media komunikasi dan informasi, teknologi yang digunakan, jenis usaha yang akan dikembangkan, dan sebagainya. Faktor eksternal ini harus dikaji dengan baik agar tidak salah langkah. Seorang pebisnis harus bisa mengamati dengan saksama segala faktor eksternal agar nantinya tidak menjadi boomerang bagi bisnis itu sendiri.

Ada beberapa ciri sebuah bisnis dikatakan memiliki peluang yang baik. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tidak bersifat momentum atau hanya bertahan di momen-momen tertentu (musiman).
  2. Bukan hanya sebagai abisis pribadi semata, melainkan harus sebuah bisnis yang konkret.
  3. Tidak menghabiskan modal terlalu banyak karena investasi yang terlalu kasar.
  4. Usaha tersebut memiliki nilai jual tinggi.
  5. Harus mempunyai waktu bertahan yang lama di pasaran dan tentunya menarik minat masyarakat.
  6. Usaha tersebut harus bisa ditingkatkan menjadi skala industri.

Berdasarkan pengertian peluang usaha menurut para ahli, Supriyadi dan Widodo mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahawan dalam melihat peluang. Hal-hal yang dimaksud adalah pengalaman dan objektivitas, kedekatan pasar, pemahaman teknis, kebutuhan finansial, dan pemahaman aspek hukum. Kelima hal tersebut harus diperhatikan dengan saksama agar peluang usaha bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Related Posts