Pengertian Telepon Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Di zaman yang serba canggih ini, teknologi telekomunikasi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman itu sendiri. Meski saat ini telah banyak bermunculan berbagai jenis teknologi komunikasi, telepon tetap memiliki tempat di hati masyarakat. Dengan berbagai macam jenis telepon yang ada saat ini, semakin membuat masyarakat menyukai dan tak beralih dari teknologi yang satu ini. Apa sebenarnya pengertian telepon itu? Bagaimana dengan pengertian telepon menurut para ahli adalah? Sebagai alat komunikasi canggih dan popular, tentunya telepon sangat menarik untuk dikaji dan dipelajari lebih lanjut, baik itu fungsinya, jenisnya, dan segala hal yang berhubungan dengannya.

Telepon merupakan suatu alat komunikasi yang dipakai untuk menyampaikan pesan suara (dari sumber Wikipedia). Teknologi komunikasi satu ini beroperasi dengan memakai transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon. Dengan teknologi telepon, seseorang bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya meski jarak mereka terpaut sangat jauh, terpisah laut atau samudera sekalipun tetap bisa berkomunikasi dengan baik. Cara kerja telepon adalah dengan mengirimkan gelombang suara melalui arus listrik. Saat seseorang berbicara di telepon, dia mengeluarkan gelombang suara yang kemudian terbawa arus listrik ke lawan bicaranya. Gelombang suara tersebut akan menyentuh diaphagram dan bergetar. Getaran itulah yang didengar oleh telinga lawan bicaranya tersebut. Diaphagram sendiri diletakkan dalam bentuk sekumpulan kecil butiran karbon yang akan tertekanjika diaphagram bergetar.

1

Di dalam pengertian telepon menurut para ahli akan semakin lengkap bila dijelaskan pula mengenai sejarahnya. Komunikasi dengan menggunakan suara yang disalurkan melalui kabel pertama kali ditemukan oleh Antonio Meucci dengan nama Sound Telegraph yang ditemukan tahun 1871. Selanjutnya pada tahun 1875, sebuah perusahaan telekomunikasi bernama The Bell mendapatkan hak paten atas alat tersebut. Lalu, sejak saat itulah perkembangan telepon semakin pesat dari tahun ke tahun. Perkembangan tersebut membuat telepon terus muncul dengan berbagai jenis terbaru dan mutakhir di jamannya. Berikut ini pembagian jenis telepon yang dibagi berdasarkan banyak hal, bisa berupa fisik dan jaringannya.

  1. Berdasarkan cara peletakannya, telepon dibagi menjadi telepon meja, telepon dinding, dan telepon dalam kendaraan (mobil, pesawat, atau kapal).
  2. Berdasarkan segi kapasitas yang mampu digunakan, telepon dibagi menjadi telepon satu jalur, telepon dengan banyak tuts, telepon sengan sistem hunting, dan telepon dengan loudspeaker atau pengeras suara.
  3. Berdasarkan segi jarak jangkauan, telepon dibagi menjadi telepon hubungan lokal (setempat), telepon hubungan interlokal, dan telepon hubungan internasional.

Fungsi utama dari telepon tentunya adalah sebagai media komunikasi yang dipakai untuk berhubungan dengan seseorang yang terpisah jarak dengan kita. Namun, selain itu telepon juga memiliki fungsi yang lain, yakni untuk kelancaran dalam pekerjaan atau bisnis, untuk menjalin silaturahmi, untuk memberikan informasi, dan berbagai fungsi lainnya. sebagai media komunikasi, telepon mempunyai banyak peranan penting bagi masyarakat, oleh karena itu media telepon tidak akan pernah kehilangan peminat dan memang harus terus berkembang agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal tersebut tertuang dalam pengertian telepon menurut para ahli.

Related Posts