Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pernahkah Anda mendengar istilah konstitusi? Istilah ini memang bukan istilah umum yang dipergunakan dalam pembicaraan sehari-hari. Konstitusi selalu dihubungkan dengan negara dan undang-undang. Apa sebenarnya konstitusi itu? Bagaimana pula para pakar mengartikannya dalam pengertian konstitusi menurut para ahli? Konstitusi berasal dari bahasa Inggris “constitution” yang sebenarnya terbentuk dari bahasa Belanda “constitue”. Istilah ini juga bisa diartikan dari bahasa Latin “contitutio atau constituere” dan bahasa Perancis “constituer, serta bahasa Jerman “verfasung”. Kesemua istilah tersebut memiliki arti undang-undang dasar. Konstitusi atau undang-undang dasar dalam sebuah negara bisa diartikan sebagai sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara, biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis.

                Konstitusi pada umumnya bersifat kodifikasi yaitu sebuah dokumen yang berisian aturan-aturan untuk menjalankan suatu organisasi pemerintahan negara. Namun dalam pengertian ini, konstitusi harus diartikan dalam artian tidak semuanya berupa dokumen tertulis (formal). Akan tetapi menurut para ahli ilmu hukum maupun ilmu politik konstitusi harus diterjemahkan termasuk kesepakatan politik, negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan dan distibusi maupun alokasi. Konstitusi bagi organisasi pemerintahan negara yang dimaksud terdapat beragam bentuk dan kompleksitas strukturnya, terdapat konstitusi politik atau hukum akan tetapi mengandung pula arti konstitusi ekonomi.

9

                Selanjutnya, konstitusi semakin berkembang dan muncul berbagai macam definisi mengenainya. Berikut ini adalah beberapa pengertian kosntitusi menurut para ahli.

  • Menurut K. C. Wheare, konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraaan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan yang membentuk mengatur atau memerintah dalam pemerintahan suatu negara.
  • Menurut E. C. S. Wade, konstitusi adalah naskah yang memaparkan rangka dan tugas-tugas pokok dari badan-badan pemerintahan suatu negara dan menentukan pokok-pokok cara kerja badan-badan tersebut.
  • Menurut Herman Heller, konstitusi mempunyai arti luas daripada UUD. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis tetapi juga sosiologis dan politis.
  • Menurut James Bryce, konstitusi adalah suatu kerangka masyarakat politik (negara) yang diorganisir dengan dan melalui hukum.
  • Menurut Lasalle, konstitusi adalah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat di dalam masyarakat seperti golongan yang mempunyai kedudukan nyata di dalam masyarakat misalnya kepala negara angkatan perang, partai politik, dsb.
  • Menurut Miriam Budiharjo, konstitusi memuat tentang organisasi negara, hak asasi manusia, prosedur penyelesaian masalah pelanggaran hukum, dan cara perubahan konstitusi.
  • Menurut L. J. Van Apeldoorn, konstitusi memuat baik peraturan tertulis maupun peraturan tak tertulis.
  • Menurut G. J. Wolhoff, konstitusi adalah undang-undang dasar tertinggi dalam negara yang memuat dasar-dasar seluruh sistem hukum dalam negara tersebut.
  • Menurut Koernimanto Soetopawiro, istilah konstitusi berasal dari bahasa latin cismeyang berarti bersama dengan dan statute yang berarti membuat sesuatu agar berdiri. Jadi konstitusi berarti menetapkan secara bersama.

                Selain pengertian konstitusi menurut para ahli, konstitusi juga memiliki tujuan dalam keberadaannya. Konstitusi memiliki tiga tujuan. Pertama, membatasi kekuasaan penguasa agar tidak bertindak sewenang-wenang maksudnya tanpa membatasi kekuasaan penguasa, konstitusi tidak akan berjalan dengan baik dan bisa saja kekuasaan penguasa akan merajalela dan bisa merugikan rakyat banyak. Kedua, melindungi HAM maksudnya setiap penguasa berhak menghormati HAM orang lain dan hak memperoleh perlindungan hukum dalam hal melaksanakan haknya. Dan yang ketiga, pedoman penyelenggaraan negara maksudnya tanpa adanya pedoman konstitusi negara kita tidak akan berdiri dengan kokoh.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

Related Posts