Pengertian Chatting Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam dunia yang serba teknologi, internet, dan canggih ini, istilah chatting tentu bukan kata yang asing didengar. Tak hanya remaja, bahkan anak-anak dan orang tua pun sudah terbiasa dengan istilah ini. Sebenarnya apa itu chatting? Mengapa istilah ini bisa begitu popular? Bagaimana pula pengertian chatting menurut para ahli? Chating dalam bahasa Indonesia berarti ngobrol, bercakap-cakap, atau berbincang. Dalam dunia komputer dan internet, chatting bisa dimakna dengan suatu fasilitas dalam internet untuk berkomunikasi sesama pengguna internet yang sedang online. Komunikasi tersebut bisa berupa teks atau tulisan dan juga suara (chatting voice). Selain itu, chatting bisa juga dimaknai sebagai satu servis yang berisi perbincangan pada minimal 2 orang melewati pelantara yakni internet.

                Chatting mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis internet antara dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti pengirim pesan instan, internet relay chat, dan lain-lain. Chatting adalah suatu program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online. Komunikasi bisa berupa teks atau suara. Dapat mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya, itulah proses terjadinya sosialisasi Chatting.

12111

                Selain pengertian chatting menurut para ahli, hal yang bisa dipelahari lebih lanjut mengenai chatting adalah aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Real time

Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain.

  • Nickname

Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan berlangsung, hingga pengguna “keluar” dari ruang chatting atau browser ditutup.

  • Public room

Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain.

  • Send message

Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan, dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, terurut berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server. Pesan yang terakhir ditampilkan di bawah.

  • Auto refresh

Area tampilan percakapan otomatis di-update selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan refresh halaman secara manual.

Selain chatting dan pengertian chatting menurut para ahli, hal yang sangat popular juga di dunia internet adalah email. Email adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Di dalam email juga terdapat fasilitas chatting yang bisa dilakukan dengan nama-nama yang telah tersimpan di kontak email Anda.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

 

Related Posts