Pengertian Fungsi

 Pengetahuan

Pembahasan kali ini, berhubungan dengan ilmu matematika yang diberi judul pengertian fungsi . Masih ingatkah anda apa itu fungsi? Jangan malas dulu mengikuti pembahasan kali ini, kita hanya akan sedikit mengulang kembali, pelajaran matematika yang dulu pernah kita pelajari saat kita duduk di bangku sekolah. Siapa tahu suatu saat nanti kita akan dihadapakan pada hal – hal yang berhubungan dengan fungsi, atau mungkin ditanya soal fungsi oleh adik atau bahkan anak kita. Daripada kita malu karena tidak mengetahui apa – apa soal ilmu ini, ada baiknya anda tidak malas untuk membaca artikel kali ini

Apa itu pengertian fungsi? Dalam ilmu matematika, fungsi diartikan sebagai pemetaan tiap anggota sebuah himpunan kepada anggota himpunan lainnya. Fungsi dalam matematika berhubungan dengan relasi, hubungan ini dijelaskan dengan pengertian sebagai berikut :

1

fungsi dalam matematika adalah suatu relasi yang menghubungkan setiap anggota x dalam suatu himpunan yang disebut (domain) dengan suatu nilai tunggal f(x) dari suatu hinpunan kedua daerah kawan (kodomain) sehingga menghasilkan range (nilai hasil) yang merupakan himpunan nilai yang diperoleh dari relasi tersebut.

Pengertian di atas mengandung arti jika fungsi berkaitan dengan ilmu lain dalam matematika. Pada fungsi, terdapat istilah penting yang harus dimengerti agar dalam pengerjaan soal fungsi kita tidak bingung lagi, istilah tersebut adalah :

  1. Domain, daerah asal fungsi, dilambangkan dengan Df
  2. Kodomain, daerah kawan fungsi, dilambangkan dengan Kf
  3. Range, daerah hasil yang merupakan himpunan bagian dari kodomain, dilambangkan dengan Rf

Untuk mendefinisikan suatu fungsi dalam matematika, dapat digunakan notasi. Tidak hanya membahas pengertian fungsi, kita juaga akan membahas tentang sifat dan jenis fungsi. Fungsi memiliki beberapa sifat, diantaranya adalah ;

  1. Fungsi injeksi, disebut fungsi satu – satu. Jika a1 sama dengan a2 maka f(a1) sama dengan f(a2).
  2. Fungsi surjektif, disebut sebagai fungsi kepada.
  3. Fungsi bijektif, didefinisikan sebagai fungsi injektif dan suejektif yang digunakan sekaligus.

Untuk menambah pemahaman pembaca mengenai fungsi, setelah membahas sifat fungsi di pembahasan pengertian fungsi, sekarang penulis akan menjabarkan jenis – jenis dari fungsi tersebut. Terdapat beberapa jenis fungsi, diantaranya :

  1. Fungsi linear. Fungsi linear adalah fungsi pada bilangan real yang didefinisikan dengan F(x) : ax+b, dimana a dan b konstan tidak sama dengan 0, disebut fungsi linear
  2. Fungsi konstan didefinisikan dengan

F(x) : AàB, jika dan hanya jika jangkauan dari f hanya terdiri dari satu anggota

  1. Fungsi identitas, F(x) : AàB, jika dan hanya jika range f = kodomain atau f(A) = B
  2. Fungsi kuadrat, ditentukan oleh rumus f(x) = ax2 + bx + c

Sudah pahamkah anda tentang pengertian fungsi? Penulis berharap pembaca tidak malas untuk terus menggali ilmu, baik yang sudah maupun belum kita pelajari. Karena tidak ada salahnya kita terus mendalami ilmu pelajaran meskipun itu bukan ada di bidang / keahlian kita. Semoga artikel ini memberikan manfaat banyak bagi para pembaca. Semoga pembahasan artikel kali ini bermanfaat untuk anda yang membacanya.

Related Posts