Pengertian dan Fungsi Repeater

 Pengetahuan

Familiarkah anda dengan kata repeater? Repeater terbilang kata yang asing di telinga masyarakat, dalam kamus bahasa inggris repeater memiliki arti penggulangan. Lalu apa maksud dari penggulangan tersebut?  Untuk memahaminya, simaklah pembahasan tentang pengertian dan fungsi repeater dalam pembahasan berikut.

Artikel ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi repeater. Reapeater berhubungan dengan sistem jaringan dalam suatu komputer, repeater diartikan sebagai alat penguat sinyal, yang menerima sinyal dari suatu segmen kabel pada jaringan (LAN, MAN, WAN) kemudian dipancarkan kembali dengan mempertahankan kekuatan sinyal asli yang pertama diterima segmen tersebut. Jika dikaitkan dengan kata pengulang, maksudnya adalah dalam proses kerja repeater, repeater mengulang kembali pancaran dengan maksud dan tujuan untuk memperkuat sinyal, sehingga saat dipancarkan sinyal memiliki kekuatan yang sama dengan pertama kali sinyal itu ditangkap. Repeater terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya receiver (penerima), transmitter (pemancar), COR (mengatur transmitter), duplexer (menyatukan dan sebagai penyekat antara receiver dan transmitter), power supply (penyedia arus), dan antenna. Dan daya kerja repeater dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya : sensitivitas, daya pancar dan evektifitas dari repeater itu sendiri. Dengan pemahaman seperti ini, dapat disimpulkan beberapa fungsi repeater, yaitu :

6

  1. Repeater berfungsi untuk penguat sinyal dalam suatu jaringan komputer
  2. Repeater berfungsi sebagai pemancar sinyal dalam suatu jaringan komputer
  3. Repeater berguna sebagai alat penjauh sinyal dari server
  4. Repeater berfungsi untuk mengover bagian – bagian yang lemah dari sinyal, sehingga bagian – bagian tersebut memiliki kekuatan sinyal yang baik
  5. Repeater berperan dalam jaringan Wi-fi dari server. Hal ini menjelaskan bahwa repeater berfungsi untuk mempermudah akses sinyal wifi dari server, sehingga kita dapat dengan mudah menggunakan wifi.
  6. Dengan repeater, kita tidak perlu menggunakan kabel dengan ukuran yang panjang, karena repeater berfungsi sebagai penjauh, pemancar, dan penguat sinyal.
  7. Repeater mempermudah pekerjaan kita, sehingga dengan mudah kita mengirim data ataupun informasi

Hub, termasuk dalam salah satu jenis repeater yang memiliki banyak port (multiport repeater), di pembahasan sebelumnya, sudah kita bahas tentang pengertian dan fungsi hub. Dalam menjalankan tugasnya, repeater tidak mengubah informasi dan tidak menyaring informasi yang di dapatnya. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, repeater harus dibantu dengan perangkat lainnya, agar tidak terjadi kesalahan yang fatal, yang berhubungan dengan pemfilteran data. Sudah pahamkah anda mengenai pengertian dan fungsi repeater?

Repeater termasuk bagian penting dalam jaringan komputer. akan terasa sulit jika kita harus menggunakan kabel dan perangkat lain untuk memperkuat sinyal, sehingga dengan keberadaan repeater memberikan kemudahan baru untuk kita dalam proses pengiriman data atau informasi. Sekian pembahasan pengertian dan fungsi repeater kali ini, semoga artikel ini memberikan banyak informasi kepada anda, sehingga setelah anda membaca artikel kali ini wawaasan anda akan bertambah. Penulis juga berharap agar anda terus dan terus membaca, mencari ilmu alam yang tak terbatas. Kitalah yang membutuhkan ilmu tersebut bukan sebalikny, jadi janganlah anda batasi diri anda untuk terus belajar.

Related Posts