Pengertian dan Fungsi Proccessor

 Pengetahuan

Proccessor, bukanlah kata yang jarang di dengar di telinga masyarakat khususnya anda pengguna setia komputer. Meskipun begitu, dapatkah anda menjelaskan tentang pengertian dan fungsi processor? Di pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas tentang pengertian dan fungsi otak untuk tubuh mahluk hidup. Apa hubungannya dengan pembahasan kali ini? Dalam komputer, processor memiliki fungsi yang dibilang sama dengan otak yang ada dalam tubuh mahluk hidup. Ilmu komputer menjelaskan bahwa processor diartikan sebagai pusat pengendali pada sistem dan jaringan komputer.

Dalam sistem komputer, processor bekerja untuk proses pengolahan dan pemrosesan data, sehingga data yang diolah bisa ditampilkan ke out device. Untuk memahami kalimat tersebut, dalam pembahasan pengertian dan fungsi processor kali ini, akan dijelaskan sedikit mengenai proses / alur kerja processor dalam sistem komputer. Alur kerja processor dalam sistem komputer adalah :

7

  • Data dan instruksi/ perintah yang masuk diletakan di RAM
  • Apabila data berbentuk instruksi ditampung oleh control unit di program storage, namun bila berbentuk data ditampung di working storage
  • Saat register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, control unit akan mengambil instruksi dari program storage kemudian ditampungkan ke instruction register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi ditampung di program counter. Dalam hal ini, control unit dari working storage mengambil data untuk ditampung di general purpose register. Register dan control unit merupakan salah satu komponen dalam processor, register berfungsi sebagai penyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sedangkan control unit berfungsi sebagai pengatur dan pengendali alat masukan dan keluaran, mengambil perintah dari memori utama, jika diperlukan data untuk suatu proses control unit lah yang melakukan tugas ini, dan menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Jika instruksi pengerjaan adalah aritmatika dan logika, ALU yang akan mengambil alih operasi untuk mengerjakannya sesuai dengan instruksi yang ditetapkan. ALU merupakan salah satu komponen dari processor yang berfungsi sebagai alat hitung dalam operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan. Kemudian, hasilnya di tampung di Accummulator
  • Control unit mengambil hasil pengolahan untuk ditampung ke working storage
  • Setelah pengerjaan selesai, unit menjemput hasil pengolahan dari working storage.
  • Lalu dari output storage hasil pengolahan ditampilkan ke output devices

Setelah memabahas pengertian dan alur kerja processor, tidak lengkap rasa nya jika tidak membahas fungsi dari alat tersebut. Untuk menambah pemahaman dan memberikan gambaran yang lebih pada otak komputer ini, akan disebutkan beberapa fungsi processor dalam pembahasan pengertian dan fungsi processor kali ini, fungsi processor dalam sistem komputer adalah :

  1. Proccessor berfungsi dalam proses pengaksesan data – data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki
  2. Proccessor berfungsi melakukan fungsi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari perintah yang diberikan perangkat keras. Ini berarti processor berfungsi sebagai alat hitung yyang mempermudah proses perhitungan yang terbilang rumit

Setelah penjabaran fungsi di atas cukup menambah pemahaman anda bukan? Proccessor termasuk salah satu alat vital dalam sistem komputer. Sekian pembahasan pengertian dan fungsi processor kali ini, semoga menambah pengetahuan dan wawasan untuk pembaca yang membaca artikel ini.

Related Posts