Pengertian Air Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Keberadaan air tak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan makhluk hidup di seluruh bumi ini. Air sebagai salah satu dari keempat unsur alam memang sangat diperlukan dan bermanfaat besar, tak hanya bagi manusia melainkan juga bagi hewan dan tumbuhan. Pengertian air menurut para ahli menjadi materi yang perlu untuk diketahui karena bisa menambah wawasan kita mengenai air yang sangat dibutuhkan ini. Air menjadi unsur yang sangat krusial mengingat bahwa hampir 70% bumi ini terbuat dari air. Indonesia pun memiliki wilayah perairan yang sangat luas karena berupa negara kepulauan. Namun, ironi yang terjadi di dunia ini sangat mengerikan. Dengan jumlah air yang begitu melimpah, manusia masih merasa kekurangan persediaan air.

                Air dikatakan sebagai sumber kehidupan karena tanpa air tak akan ada makhluk yang bisa bertahan hidup. Seseorang mungkin bisa menahan lapar, tapi akan sangat sulit untuk menahan haus. Bila tubuh sudah mengalami dehidrasi, kekurangan air, ancaman terburuknya adalah kematian. Hal tersebut karena ketahanan tubuh makhluk hidup sangat bergantung pada berbagai fungsi air di dalam tubuh. Air adalah senyawa paling penting bagi semua bentuk kehidupan di muka bumi ini.

8

                Untuk lebih memahami mengenai pentingnya air, berikut ini adalah beberapa pengertian air menurut para ahli yang perlu untuk disimak.

  • Menurut Sitanala Arsyad, air adalah senyawa gabungan antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi H2O.
  • Menurut Hefni Effendi, air adalah salah satu sumber energi gerak.
  • Menurut Robert J. Kodoatie, air merupakan material yang membuat kehidupan terjadi di bumi.
  • Menurut Roestam Sjarief, air merupakan zat yang paling esensial dibutuhkan oleh makhluk hidup.
  • Menurut Sayyid Quthb, air adalah dasar dari suatu kehidupan dan merupakan satu unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan hingga manusia pun sangat menantikan kedatangannya.
  • Menurut Eko Budi Kuncoro, air merupakan suatu senyawa kimia sederhana yang terdiri atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O).
  • Menurut Bambang Agus Murtidjo, air merupakan substansi yang mempunyai keistimewaan sebagai penghantar panas yang sangat baik, sehingga air di dalam tubuh lebih penting dari makanan.

                Dari pengertian air menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa jenis air ada beberapa macam, jenis-jenis air tersebut adalah air laut, lapisan es, awan, hujan, danau, sungai, dan air tanah. Air laut adalah campuran dari air murni dan material lainnya, seperti garam, gas-gas larut, bahan organik, dan partikel tak larut. Rasa air laut adalah asin karena air laut terkumpul dari air hujan yang tertampung di dalam tanah sedikit demi sedikit lalu keluar kembali melalui sungai dan terkumpul di laut. Pada saat proses berkumpul di laut tersebut air membawa garam. Lapisan es adalah air yang membeku karena suhu yang di bawah temperature normal. Lapisan es di bumi terletak di kutub utara dan selatan. Awan adalah kumpulan partikel air yang tampak di atmosfer, termasuk di dalamnya adalah asap dan debu. Hujan adalah air yang keluar dari awan karena proses penguapan. Danau adalah cekungan di permukaan bumi yang terisi air, bisa berasal dari air hujan yang menumpuk selama ratusan bahkan ribuan tahun. Sungai adalah aliran air sebelum menuju ke laut. Air tanah adalah air di dalam tanah yang meresap dan bergabung dengan tanah.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts