Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah implementasi mungkin tidak begitu awam digunakan dalam percakapan sehari-hari, hanya pada konteks-konteks tertentu saja istilah ini muncul. Jadi, apa itu implementasi? Apa pengertian implementasi menurut para ahli? Secara singkat, definisi implementasi dikemukakan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), yakni pelaksanaan atau penerapan. Sehingga bila akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah implementasi kurikulum 2013, maksudnya adalah penerapan kurikulum 2013. Implementasi dimaknai sebagai sebuah terapan dari rencana yang telah disusun sedemikian matang dan terperinci, dimana terapan atau pelaksanaan yang dilakukan harus utuh secara keseluruhan.

                Selain pengertian singkat menurut KBBI di atas, berikut ini ada beberapa pengertian implementasi menurut para ahli. Definisi-definisi berikut bisa lebih memantapkan pengertian yang diungkapkan oleh KBBI.

2

  • Menurut Majone Wildavsky, implementasi adalah evaluasi.
  • Menurut Kadir, implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan enerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi.
  • Menurut Browne dan Wildavsky, implementasi adalah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan .
  • Menurut McLaughin, implementasi adalah aktivitas yang saling menyesuaikan.
  • Menurut Schubert, implementasi adalah sistem rekayasa.
  • Menurut Fullan, implementasi adalah proses untuk melaksanakan ide, program atau seperangkat aktivitas baru dengan harapan orang lain dapat menerima dan melakukan perubahan.

                Penjelasan mengenai pengertian implementasi menurut ahli di atas bisa dijabarkan secara lebih terperinci. Istilah implementasi yang biasanya memang digunakan dalam bidang pendidikan ini bisa dirinci menjadi tiga pengertian dasar. Pertama, implementasi itu berhubungan dengan proses. Implementasi dianggap sebagai sebuah hal yang dilakukan untuk mentransfer sebuah ide yang telah muncul. Kedua, implementasi itu berhubungan dengan penyempurnaan. Implementasi diartikan sebagai penyempurnaan program yang telah dirancang sebelumnya, dalam tahap inilah terjadi interaksi antara pencetus ide dan parktisinya. Dan ketiga, implementasi itu sebuah program kurikulum. Implementasi yang sudah dirancang dan disempurnakan harus dilaksanakan secara terus menerus dan diikuti dengan perkembangannya. Bukan tidak mungkin dalam pelaksanaannya tersebut proses implementasi mengadopsi rancangan-rancangan lain yang memang pernah dibuat.

                Satu hal yang harus diperhatikan dalam implementasi, semua aktivitas yang dilakukan pada tahap pelaksanaan harus sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan disempurnakan. Melenceng sedikit saja dari rencana awal akan membuat penerapan implementasi menjadi percuma dan sia-sia. Bila dianalogikan, implementasi ibaratnya sebuah proyek pembangunan apartemen. Seorang arsitektur telah membuat rancangan gedung yang begitu sempurna. Dia bahkan telah menyempurnakan rancangannya ratusan kali agar bangunan tersebut bisa berdiri kokoh, nyaman, aman, dan tanpa cela. Namun, bila dalam penerapannya, dalam hal ini pembangunan yang dilakukan oleh tukang bangunan, tidak sepenuhnya mengikuti rancangan arsitek tersebut, bukan tidak mungkin bangunan apartemen yang tengah dibangun itu bisa roboh atau tidak bisa beridir sesuai dengan rencana semula.

                Memahami pengertian implementasi menurut para ahli memang tidak mudah, tetapi dengan keterangan dan contoh sederhana di atas semoga bisa membantu Anda yang berusaha memahaminya. Pada dasarnya implementasi hanyalah sebuah terapan yang harus dilakukan sesuai dengan rancangannya. Memang istilah ini sering digunakan dalam bidang pendidikan, tetapi sebenarnya bisa digunakan dalam berbagai bidang.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts