Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

 Pengetahuan

Jika anda bangsa Indonesia yang baik, anda akan terus mengikuti penulis untuk mengulas pelajaran kewarganegaraan di tahun lalu, saat kita duduk di bangku sekolah atau mungkin pelajaran yang sedang pembaca pelajari saat ini. Pembahasan kali ini berhubungan dengan ketatanegaraan karena kita akan kembali membahas tentang pancasila. Pembaca jelas tahu kan apa itu pancasila? Sebagai warga negara Indonesia kata pancasila sudah tidak asing lagi. Baik itu warga negara Indonesia yang baik / buruk, hanya saja bagi warga negara Indonesia yang baik pancasila dianggap sebagai salah satu landasan hidup yang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah fungsi pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Berbeda dengan warga negara Indonesia yang baik, warga negara Indonesia yang buruk pasti mengetahui apa itu pancasila hanya saja tidak di jadikan salah satu landasan hidup dalam kehidupannya sehari-hari, hanya mengenal lalu melupakannya. Pembaca termasuk warga negara Indonesia yang baik/ buruk?

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya. Penulis akan menjabarkan apa yang dimaksud dengan pancasila? Pancasila dikatakan sebagai dasar negara. Mengapa demikian? Karena pancasila mengandung unsure-unsur gagasan, keyakinan, dan nilai-nilai dasar yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari – hari untuk warga negara yang menetap dan tinggal di wilayah NKRI. Pancasila terdiri 2 kata dasar, panca yang mempunyai arti 5, dan sila yang mempunyai arti dasar. Rangkaian kata tersebut digabungkan dan mempunyai arti lima dasar, lima dasar ini berbunyi dalam pembacaan pancasila saat kita duduk di bangku sekolah. Pembaca masih ingat kan bagaimana bunyinya? Lima dasar yang terdapat dalam pembacaan pancasila mengandung arti dan kedudukan fungsi pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

5

Pancasila sebagai dasar negara (falsafah negara) memiliki arti bahwa pancasila merupakan pedoman hidup bagi bangsa Indonesia tanpa terkecuali. Nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan dasar untuk setiap bangsa Indonesia menjalankan kehidupannya sehari – hari. Pancasila sebagai dasar negara berkedudukan sebagai norma dasar bernegara yang menjadi sumber, dasar penyusunan hukum negara (fungsi konstitusi dan fungsi regulatif), landasan, dan norma. Fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa berkaitan dengan bagaimana cara masyarakat memandang kehidupan di masa yang akan datang. Pandangan yang ada dari satu masyarakat Indonesia dengan masyarakat Indonesia lain akan membentuk pandangan kelompok masyarakat indonesia, dari pandangan kelompok masyarakat satu dengan kelompok masyarakat lainnya, akan beradaptasi lagi menjadi pandangan bangsa Indonesia. Jadi maksudnya adalah setiap pandangan masyarakat Indonesia harus dilandasakan pada lima poin dasar yang terdapat dalam pancasila mulai dari pandangan masyarakat yang nantinya akan berkembang menjadi pandangan kelompok bangsa Indonesia. Bagaimana pembaca? Sudah lebih mengerti kan dengan fungsi pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

            Tanpa pancasila landasan hidup masyarakat Indonesia menjadi tidak jelas karena tidak memiliki landasan hukum yang ditetapkan. Sebagian masyarakat mengganggap mempelajari pancasila tidak ada gunanya, hanya mempersulit diri. Tetapi jika diperdalam mengenai ilmu pancasila, tingkah laku tanpa landasan pancasila akan menjadi masalah rumit bagi kita di kemudian hari. Pembaca bisa bayangkan sendiri. Semoga artikel fungsi pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa memberikan manfaat bagi pembaca dan membuat pembaca tidak acuh lagi dengan dasar negara kita sebagai bangsa Indonesia.

Related Posts