Pengertian dan Fungsi Mitrokondia

 Pengetahuan

Berbicara mitrokondia, berarti kita membicarakan ilmu biologi yang merupakan ilmu pengetahuan alam. Mitrokondia berhubungan dengan respirasi sel mahluk hidup, hal ini dikarenakan mitrokondia merupakan tempat berlangsungnya proses respirasi sel tersebut. Pembaca familiar dengan kata ini? Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi mitrokondia. Mari kita mempelajari sedikit demi sedikit bagian dari tubuh kita sendiri.

Dalam ilmu alam, mitrokondia adalah struktur membrane terikat yang ditemukan dalam sebagian besar sel eukariotik, jadi mitrokondia merupakan bagian yang letaknya di dalam sel pada tubuh. Mitrokondia merupakan organel yang memiliki peran untuk mengambil bagian dalam berbagai fungsi metabolisme seluler. Energy sangat dibutuhkan dalam melakukan aktifitas sehari – hari. Jika dihubungkan pada pembahasan kali ini, mitrokondia berkaitan erat dengan energy. Mengapa? Karena mitrokondia bertugas sebagai penghasil tenaga untuk sel – sel yang akan melakukan fungsi untuk menghasilkan energy. Jadi bisa dibilang mitrokondia merupakan organel yang sangat penting, karena berperan dalam penyediaan sumber energy untuk berbagai sel lain dalam tubuh. Energy diperoleh dengan proses oksidasi substrat dari siklus krebs. Energy dari sel berbentuk ATP (adenosine tripospat) yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energy kimia. Penjelasan tentang mitrokondia sudah penulis jabarkan, kali ini kita lanjut ke pembahasan fungsi mitrokondia. Fungsi mitrokondia dalam pembahasan artikel pengertian dan fungsi mitrokondia kali ini, akan penulis jelaskan dalam poin – poin sebagai berikut ;

4

  1. Secara umum mitrokondia berfungsi sebagai pabrik energy yang menghasilkan energy dalam bentuk ATP, sesuai penjelasan dari pengertian mitokindria di alenia sebelumnya.
  2. Secara umum mitokondria mengambil bagian tugas dalam pembanggunan bagian tertentu dari darah dan hormone
  3. Secara umum mitokondria berperan dalam mempertahankan konsentrasi dari ion kalsium dalam kompartemen sel

Pengertian dan fungsi mitrokondia dalam penulisan artikel kali ini sudah penulis jabarkan. Dengan mempelajari pengertian dan fungsi mitrokondia, banyak manfaat yang kita peroleh. Salah satu manfaatnya adalah, dengan mempelajari mitokondria kita dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh mitrokondia. Apakah pembaca terfikir? Penyakit yang disebabkan oleh motrokondia bisa dibilang parah karena dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Mitrokondia berhubungan dengan sel – sel yang ada dalam tubuh, jika organel mitrokondia rusak dapat dipastikan kerja sel dalam tubuh tidak bisa dibilang sempurna, akibatnya timbul penyakit seperti ; kelemahan otot dan nyeri, pertumbuhan yang buruk, keterlambatan perkembangan, asidosis laktat, kerentanan terhadap infeksi, kehilangan control gerak, kejang, dan masih banyak lagi penyakit yang dapat terjadi akibat rusaknya mitokondria, karena penyakit yang ditimbulkan dari kerusakan mitokondria tergantung pada daerah mana mitokondria berada dalam suatu sel. Bahayanya rusaknya sel mitokondria bisa berpengaruh langsung pada janin yang di kandung dari seorang wanita yang memiliki kelainan mitokondria.

Bagaimana pembaca sudah mengerti kan sekarang tentang pengertian dan fungsi mitrokondia juga bahaya yang akan terjadi apabila mitokondria dalam tubuh rusak? Penulis berharap artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca agar tidak terjadi penyesalan di kemudia hari akibat minimnya ilmu yang dimiliki. Keturunan kita berhak untuk merasakan hidup sehat dengan tubuh kuat, oleh karena nya mulailah menjaga diri dengan tidak menyepelekan hal sekecil apapun, agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari.

Related Posts