Pengertian Hardisk Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Membahas mengenai hardisk tidak akan bisa dilepaskan dari teknologi komputer yang semakin hari semakin berkembang dengan sangat cepat. Hardisk memang selalu berkaitan dengan komputer karena hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras yang ada pada komputer. Kegunaan dan manfaat dari hardisk akan bisa dipahami dalam pengertian hardisk menurut para ahli. Saat ini memang telah banyak muncul pengertian-pengertian yang dikemukakan oleh para pakar karena teknologi telah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Komputer salah satunya menjadi perangkat yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat di zaman yang serba modern dan canggih ini.

Hardisk atau biasa disebut juga dengan hardrive adlah sebuah alat penyimpanan data yang dipakai di perangkat komputer. Alat ini dibuat untuk menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar. Jika dulu kapasitanya mencapai jumlah ratusan Gygabyte, tetapi sekarang semakin berkembang hingga mencapai satuan Terabyte. Semakin besar kapasitas yang dimiliki hardisk, maka semakin banyak pula data atau aplikasi yang bisa tersimpan di dalamnya. Pembuatan hardisk ini dilatarbelakangi oleh keadaan dimana sebuah aplikasi yang berkapasitas besar tidak mungkin disimpan di dalam disket. Selain itu, hardisk juga mampu mengimbangi kecepatan akses dari sebuah perangkat komputer. Struktur hardisk terdiri dari tiga bagian utama, yakni piringan magnetik untuk menyimpan data, bagian mekanis untuk memutar piringan magnetik, dan head untuk membaca data.

8

Hardisk memiliki tipe yang bermacam-macam, bisa dibagi berdasarkan interface-nya, tingkat kecepatan transfernya, dan kapasitas penyimpanan datanya. Pengertian hardisk menurut para ahli juga menerangkan mengenai tipe-tipe tersebut. Berdasarkan interface-nya, ada tiga jenis hardisk yang umum digunakan oleh orang-orang, yakni hardisk ATA, hardisk SATA, dan hardisk SCSI. Hardisk ATA (At Attachment) adalah hardisk interface yang standar untuk menghubungkan piranti penyimpanan, seperti hardisk, drive cd room, atau dvd room di dalam komputer. Hardisk SATA atau Serial ATA adalah pengembangan lebih lanjut dari ATA. Hardisk jenis ini didesain untuk menukar ATA dengan keseluruhan. Adapternya mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan ATA sederhana. Hardisk SCSI (Small Computer System Interface) adalah standar yang dibuat untuk kepentingan transfer data dengan kecepatan yang sangat tinggi di antara standar yang lain.

Seiring perkembangan teknologi, muncullah kecanggihan baru dalam terobosan hardisk yakni hardisk eksternal. Hardisk jenis ini fungsinya tidak jauh berbeda dengan hardisk pada umumnya, tetapi hardisk eksternal tidak terpasang menyatu di dalam CPU. Hardisk eksternal merupakan tempat penyimpanan data yang berada di luar komputer, ia dihubungkan dengan kabel USB agar data yang tersimpan di dalamnya bisa ditampilkan di layar komputer. Hardisk ini biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar bila dibandingkan dengan hardisk internal yang berada di dalam CPU. Kelebihan hardisk eksternal adalah bisa dibawa kemanapun dan bisa dihubungkan dengan komputer manapun sehingga lebih fleksibel. Fungsinya hampir sama seperti flashdisk, tetapi dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Semoga informasi mengenai pengertian hardisk menurut para ahli ini bisa menjadi salah satu referensi di bidang teknologi dan komunikasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian syair , pengertian dokumen , pengertian danau , pengertian kemiskinan , pengertian jual beli , pengertian resume , pengertian repeater , pengertian zuhud , pengertian hardisk , pengertian nkri , pengertian vitamin

Related Posts